KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI KALOR DAN PERPINDAHANNYA SETELAH PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE 5E

  • EKA MEILANA PUJI LESTARI
  • TUTUT NURITA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan proses sains siswa setelah penerapan model pembelajaran learning cycle 5E pada materi kalor dan perpindahannya. Jenis penelitian ini adalah pre-experimental design dan rancangan penelitian menggunakan one group pretest posttest design. Sasaran penelitian adalah siswa kelas VII-D dengan jumlah 28 siswa di SMP Negeri 3 Kota Mojokerto. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan lembar tes yang terdiri atas soal pre-test dan post-test. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes keterampilan proses sains. Hasil penelitian yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan proses sains siswa mengalami peningkatan di kelas VII-D yang dianalisis menggunakan N-Gain score. Hasil rata-rata N-Gain score kelas VII-D sebesar 0,69 dengan kriteria sedang. Perbedaan hasil pre-test dan post-test dikatakan signifikan, ditunjukkan dengan hasil uji-t berpasangan dengan taraf signifikan <0,05 yaitu sebesar 0,000. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keterampilan proses sains siswa dapat meningkat signifikan dengan menggunakan model pembelajaran learning cycle 5E.

Kata Kunci : keterampilan proses sains dan learning cycle 5E
Published
2019-06-13
How to Cite
MEILANA PUJI LESTARI, E., & NURITA, T. (2019). KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI KALOR DAN PERPINDAHANNYA SETELAH PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE 5E. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 7(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/27987
Section
Articles
Abstract Views: 105
PDF Downloads: 77