VALIDITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN SAINTIFIK 5M UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas perangkat pembelajaran Saintifik 5M yang telah dikembangkan untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dan hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Silabus, Lembar Kerja Siswa (LKS), Instrumen penilaian keterampilan kolaborasi dan Tes hasil belajar kognitif. Perangkat pembelajaran konsisten mengikuti tahapan 5M (mengamati, menanya, mengumpulkan data, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan). Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif, dengan mendeskripsikan hasil validasi perangkat pembelajaran dari tiga validator kemudian dianalisis dengan mengambil nilai modus pada setiap aspek perangkat pembelajaran. Kelayakan perangkat pembelajaran ini didasarkan pada validitas teoritis yang diukur berdasarkan penilaian dari tiga validator. Validator meliputi dua dosen ahli dari jurusan IPA dan Biologi Universitas Negeri Surabaya serta seorang guru IPA dari SMPN 5 Gresik. Terdapat tiga aspek yang dinilai oleh validator yaitu aspek kelayakan isi, bahasa dan konstruksi. Pada penelitian ini hasil validasi perangkat pembelajaran yang meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mendapat modus nilai 4, Silabus mendapat modus nilai 4, Lembar Kerja Siswa (LKS) mendapat modus nilai 4, Instrumen penilaian keterampilan kolaborasi mendapat modus nilai 4 dan Tes hasil belajar kognitif mendapat modus nilai 4. Skor 4 menunjukkan bahwa berkriteria sangat valid. Dari hasil validasi tersebut dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran Saintifik 5M layak digunakan untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dan hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan untuk kelas 8 SMP.
Kata Kunci: validitas, Perangkat pembelajaran, Saintifik 5 M