PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM POSING PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROBLEM SOLVING SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, peningkatan keterampilan pemecahan masalah, dan respons siswa setelah diterapkan model Problem Posing. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Experimental Design dengan menggunakan rancangan percobaan One Group Pretest-Posttest Design. Instrument penelitan yang digunakan meliputi Lembar Observasi Aktivitas Guru, Lembar Tes Keterampilan Problem Solving Siswa dan Angket Respon Siswa yang dianalisis secara Deskriptif kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-F SMPN 26 Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran terkait aktivitas guru berlangsung sangat baik dengan skor rata-rata pertemuan I sebesar 3,4 dan pertemuan II sebesar 3,6. Keterampilan pemecahan masalah siswa meningkat dengan kriteria tinggi dengan rata-rata gain score sebesar 0,73. Peningkatan keterampilan Problem Solving terlihat dari hasil gain score ternormalisasi bahwa sebanyak 28 siswa pada kategori tinggi, 9 siswa dalam kategori sedang, sedangkan 1 siswa pada kategori rendah. Siswa memberikan respon positif terhadap penerapan model Problem Posing pada materi pemanasan global dengan persentase sebesar 93,20% dengan kategori baik sekali. Hasil ini menyatakan bahwa penerapan model Problem Posing dapat meningkatkan keterampilan Problem Solving siswa pada materi pemanasan global.
Kata kunci: Problem Posing, keterampilan Problem Solving