VALIDASI MEDIA PERMAINAN TEKA-TEKI SILANG TIGA DIMENSI (TTS3D) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI LAPISAN BUMI

Authors

  • Celina Nuanda Basuki Universitas Negeri Surabaya
  • Elok Sudibyo Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validasi media permainan teka-teki silang tiga dimensi (TTS3D) untuk meningkatkan pemahaman_konsep pada materi lapisan bumi. Kelayakan media ditinjau dari aspek kevalidan. Media yang dikembangkan memuat sub materi lapisan atmosfer, suhu di atmosfer, dan lapisan ozon. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yang dibatasi hanya lima tahap yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, dan revisi produk. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode validasi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar validasi. Data hasil validasi dianalisis secara deskriptif kuantitatif berdasarkan modus dari setiap skor yang diperoleh. Validasi dilakukan oleh dua dosen ahli dan satu guru IPA SMP Negeri 1 Jabon. Validasi pada penelitian ini yaitu validasi media teka-teki silang tiga dimensi, validasi rencana pelaksanaan pembelajaran, dan validasi pretest posttest. Berdasarkan hasil validasi media permainan teka-teki silang tiga dimensi untuk pembelajaran materi lapisan bumi menunjukkan kriteria-baik dengan modus 4. Permainan teka-teki silang tiga dimensi ini diharapkan dapat digunakan oleh guru sebagai media pembelajaran untuk peserta didik pada materi lapisan bumi.
Kata Kunci: teka-teki silang tiga dimensi, pemahaman konsep, lapisan bumi

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-01-31

How to Cite

Basuki, C. N., & Sudibyo, E. (2021). VALIDASI MEDIA PERMAINAN TEKA-TEKI SILANG TIGA DIMENSI (TTS3D) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI LAPISAN BUMI. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 9(1), 53–58. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/38500

Issue

Section

Articles
Abstract views: 364 , PDF Downloads: 261

Most read articles by the same author(s)

> >>