PENGARUH PERMAINAN DOMINO DALAM PEMBELAJARAN PEER TEACHING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan motivasi dan hasil belajar siswa setelah dilakukan pembelajaran menggunakan permainan domino dalam pembelajaran peer teaching pada materi pencemaran udara. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas VII E sebagi kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol di sekolah yang terletak di kabupaten Lamongan. Desain penelitian yang digunakan adalah desain kuasi eksperimen pretest-posttest control group yang terdiri dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data motivasi siswa melalui angket ARCS dan observasi motivasi siswa yang dianalsis dengan menggunakan persentase indikator motivasi ARCS (attention, relevance, confidence, satisfaction). Hasil belajar siswa diperoleh dari nilai pretest-posttest dan dianalisis menggunakan uji-t independen dengan tujuan untuk membandingkan skor gain kedua kelompok. Hasil yang diperoleh pada motivasi siswa menunjukkan bahwa motivasi siswa pada kelompok eksperimen lebih besar dibandingkan dengan kelompok kontrol. Hasil belajar siswa diperoleh dari nilai pretest-posttest, dengan uji t yang dihasilkan yaitu nilai hasil probabilitas sebesar 0,000 yang menunjukkan bahwa nilai probabilitas lebih kecil dari 0,05 dapat dinyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Perolehan rata-rata N-gain pada kelas eksperimen sebesar 0,81 dengan kategori tinggi, sedangkan pada kelas kontrol rata-rata N-Gain sebesar 0,44 dengan kategori sedang, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan permainan domino dalam pembelajaraan peer teaching efektif digunakan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: permainan domino, peer teaching, motivasi, hasil belajar