PENERAPAN MODEL GUIDED DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI CERMIN
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Guided Discovery pada materi cermin terhadap keterampilan literasi sains siswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Pra-experimental Design dengan rancangan One-Group Pretest-Posttest Design. Subjek pada penelitian ini adalah 29 siswa kelas VIII pada salah satu SMPN di Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran terlaksana sangat baik dengan persentase keterlaksanaan pembelajaran sebesar 94,44%. Aktivitas peserta didik menunjukkan kriteria sangat baik dengan persentase hasil sebesar 84,60%. Rata-rata keterampilan literasi sains peserta didik berdasarkan hasil Pretest mendapatkan skor sebesar 30 yang meningkat menjadi 81 pada hasil Posttest. Hasil N-Gain Score yang diperoleh yaitu sebesar 0,72 dengan kategori tinggi. Penerapan model Guided Discovery pada materi cermin memperoleh?respon positif dari peserta didik dengan perolehan rata-rata respon peserta didik sebesar 96% dengan kriteria baik sekali yang menunjang tumbuhnya keterampilan literasi sains peserta didik. Berdasarkan hal tersebut, model Guided Discovery pada materi cermin dapat meningkatkan keterampilan literasi sains peserta didik.
Kata Kunci: Guided Discovery, Literasi Sains, Cermin, Level Literasi Sains