PENGARUH PENINGKATAN PENGETAHUAN SISWA TENTANG MAGNET DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF

Authors

  • Nurul Hidayah Universitas Negeri Surabaya
  • Ismi Septia Jumaidah Universitas Negeri Surabaya
  • Rosa Latus Sarifah Universitas Negeri Surabaya
  • Hasan Subekti Universitas Negeri Surabaya
  • Ernita Vika Aulia Universitas Negeri Surabaya
  • Siti Nurul Hidayati Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/pensa.v13i1.68032

Keywords:

berpikir kritis, gender, inkuiri terbimbing

Abstract

Abstrak 

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan dampak dari penggunaan media pembelajaran interaktif BELMA terhadap peningkatan pengetahuan siswa mengenai konsep magnet dalam kehidupan sehari-hari. Sepuluh siswa kelas sembilan berfungsi sebagai peserta penelitian dalam studi kuantitatif ini, yang memiliki desain pretest-posttest satu kelompok. Media telah divalidasi oleh dua validator yang berkualitas, dan uji coba awal dan uji coba akhir dinilai secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada nilai post-test dibandingkan pre-test, di mana sebagian besar siswa mencapai atau mendekati nilai maksimal. Validasi media menunjukkan bahwa aplikasi BELMA dinilai “Sangat Baik” pada aspek fisik, pendahuluan, dan isi materi, serta “Baik” pada aspek evaluasi. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa media BELMA efisien dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep kemganetan yang dikaitkan secara kontekstual dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini membantu dalam penciptaan bahan untuk pendidikan ilmiah yang dapat diandalkan., menarik, dan aplikatif dalam pembelajaran sains.

 

Kata Kunci: Kemagnetan, Media Interaktif, Hasil Belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Dinar, M. F., Rohmatini, G. W., & Hasanah, R. (2022). Pengembangan Game Edukasi Aturan Tangan Kanan pada Materi Kemagnetan Menggunakan Aplikasi Smart Apps Creator. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(3), 568–579.

Fajar, D. M., et al. (2022). Pengembangan Game Edukasi ATK. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(3), 568–579.

Fatmawati, N. (2016). Validitas Perangkat Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(2), 123–130.

Indrawati, I., Sunarno, W., & Cari, C. (2020). Interactive Multimedia-Based Physics Learning Media: Development and Effectiveness Testing. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(2), 208–218. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i2.23641

Mayer, R. E. (2020). Multimedia Learning (3rd ed.). Cambridge University Press.

Munir. (2017). Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Munir. (2017). Pembelajaran Digital. Bandung: Alfabeta.

Nugroho, P. S., & Septiani, D. (2022). Penggunaan Blended Learning Mata Pelajaran IPA terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Kemagnetan. Wacana Akademika, 6(2), 227–236.

Nurul, A., & Budiarto, M. T. (2017). Analisis Kesulitan Belajar IPA Siswa SMP pada Materi Kemagnetan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 7(1), 34–40. https://doi.org/10.23887/jurnalipa.v7i1.10367

Pramesti, N. A., & Sari, D. A. P. (2024). Validitas Perangkat Ajar Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. PENSA: E-Jurnal Pendidikan Sains, 12(2), 64–71.

Riyana, C. (2020). Desain dan Pemanfaatan Media Interaktif dalam Pembelajaran. Bandung: UPI Press.

Riyana, C. (2020). Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Rohmawati, O. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA dalam Materi Kemagnetan melalui Penerapan Alat Peraga. Biodidaktika: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 15(1), 39–44.

Sari, N. M., & Suarni, N. K. (2023). E-Modul Interaktif Topik Sifat-Sifat Magnet Dalam Kehidupan Sehari-Hari Untuk Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran, 7(2), 123-135. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/download/71157/30399

Sari, R., & Suarni, N. K. (2023). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Konteks Kehidupan Sehari-hari pada Materi Magnet. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(1), 14–22.

Sari, R. N., & Suparman, S. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa pada Materi Gaya dan Gerak. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 10(1), 13–23. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v10i1.7541.

Setiawan, H., & Wibowo, C. A. (2022). Development of Physics Interactive Learning Media Using Articulate Storyline 3. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 11(2), 75–82. https://doi.org/10.36706/jipf.v11i2.17983.

Wahyuningtyas, M., & Sulasmono, B. S. (2020). Peran Media Interaktif terhadap Motivasi Belajar Sains Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 6(2), 112–120.

Widodo, S., & Jatmiko, B. (2016). The Effectiveness of Simulation in Science Learning on Conceptual Understanding: A Literature Review. European Journal of Educational Research, 5(4), 559–566. https://doi.org/10.12973/eu-jer.5.4.559.

Winataputra, U. S. (1984). Landasan dan Strategi Pembelajaran IPA. Jakarta: Depdikbud.

Downloads

Published

2025-01-07

How to Cite

Hidayah, N., Jumaidah, I. S., Sarifah, R. L., Subekti, H., Aulia, E. V., & Hidayati, S. N. (2025). PENGARUH PENINGKATAN PENGETAHUAN SISWA TENTANG MAGNET DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF. PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS, 13(1), 21–24. https://doi.org/10.26740/pensa.v13i1.68032

Issue

Section

Articles
Abstract views: 64 , PDF Downloads: 34

Most read articles by the same author(s)

> >>