The Effect of Using Cisco Webex to Increase Knowledge of Balanced Nutrition on UNESA PKK students

  • Amanda Ayu Anjelica Universitas Negeri Surabaya
  • Siti Sulandjari Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pendidikan gizi seimbang merupakan kegiatan menambah dan memberikan pengetahuan tentang Gizi Seimbang dalam rangka pembentukan kebiasaan dan perilaku dari yang kurang baik menuju pola makan bergizi, sehat dan aman. Diberlakukanya aturan belajar dan bekerja dirumah sebagai dampak pandemi membuat seseorang mengalami penurunan aktivitas fisik yang jika diimbangi dengan kebiasaan pola makan yang salah akibat kurangnya pengetahuan gizi akan berdampak pada masalah kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi Cisco Webex untuk meningkatkan pengetahuan Gizi Seimbang pada mahasiswa jurusan PKK UNESA dan hasil respon mahasiswa terhadap penggunaan aplikasi Cisco Webex dalam kegiatan pendidikan gizi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif pre-eksperimental dengan rancangan one group pretest and posttest design. Populasi berasal dari mahasiswa jurusan PKK UNESA. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu pemilihan sampel didasarkan pada kriteria inklusi dengan jumlah responden sebanyak 39 mahasiswa. Hasil pendidikan Gizi Seimbang, dianalisis dengan paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan aplikasi Cisco Webex untuk meningkatkan hasil pendidikan berupa pengetahuan Gizi Seimbang pada mahasiswa jurusan PKK. Cisco Webex dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran e-learning. Agar proses pembelajaran menjadi optimal, pengguna perlu mengetahui cara kerja Cisco Webex dengan cara dapat menambahkan variasi beban seperti diggunakan bersamaan dengan kegiatan browsing, selain itu juga bisa menambahkan jumlah waktu pengamatan yang lebih lama dan bervariasi.

References

Ali, M dan M. Asrori. 2016. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Dames, L., Royal, C., & Sawyer-Kurian, K. 2016. Active Student Engagement through the Use of WebEx, MindTap, and a Residency Component to Teach a Masters Online Group Counseling Course (J. Keengwe & P. H. Bull (eds.)). IGI Global.
Fitriah, Juni Norma. 2007. Hubungan Asupan Zat Gizi, Aktivitas Fisik Dengan Status Gizi Pada Peserta Senam Aerobik. Skripsi. Semarang: PPs Univesitas Diponegoro
Hadi, S. 2017. “Efektivitas Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran Untuk Siswa Sekolah Dasar”. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran Dan Pendidikan Dasar 2017, 96–102.
Harie, S., Rizkiyah,N., & Narsih, D. 2020. “Pengaruh Metode E-Learning Menggunakan Cisco Webex terhadap Pendidikan BioPreneur di SMA Bakti Idhata”. Makalah disajikan dalam Prosiding Seminar Nasional Sains 2020, 1 (1): 587-596.
Hikmatiar, H., Sulisworo, D., & Wahyuni, M. E. 2020. Pemanfaatan Learning Manegement System Berbasis Google Classroom Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Fisika. 8(1), 78–86.
Irwan, I., Luthfi, Z. F., & Waldi, A. 2019. Efektifitas Penggunaan Kahoot! Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan. 8(1), 95–105.
Karlsson EA, Milner JJ, Green WD, Rebeles J, Schultz-Cherry S,Beck M. 2019. Influence of obesity on the response to influenza infection and vaccination. In: Johnston RA, Suratt BT, eds.Mechanisms and Manifestations of Obesity in Lung Disease.Cambridge, Massachusetts: Academic Press; 2019:227-259
Khoirunnisa, N. 2016. Pengaruh urutan kelahiran dan jenis kelamin terhadap motivasi belajar siswa di SMP An-Nur
Bululawang. Skripsi. Malang: PPs Universitas Islam Negeri
Korucu, A. T., & Alkan, A. 2011. Differences between m-learning (mobile learning) and elearning, basic terminology and usage of m-learning in education. Procedia - Social and Behavioral Sciences. https://doi.org/10.1016/j. sbspro.2011.04.029
Mulyono, H. 2020. Menggunakan Quipper sebagai Platform Online untuk Mengajar dan Belajar Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing. Jurnal Caraka. 6(1), 18–27.
Mustofa, Festy Ladyani., Husna, I., Hermawan, D., Langki, Siti Sarah. 2021. Gambaran Angka Kenaikan Berat Badan Saat Masa Pandemi Covid-19 Pada Mahasiswa Angkatan 2017 Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati. Jurnal Ilmu Kedokteran dan Kesehatan. Volume 8, Nomor 1, Maret 2021.
Rambe, Hamzah Salim. 2017. Hubungan Intensitas Penggunaan Internet Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di MTsN Lubuk Pakam. Skripsi. Sumatera Utara: PPs Universitas Islam Negeri
Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. 2020. Pemanfaatan Aplikasi Quizizz sebagai Media Pembelajaran di Tengah Pandemi pada Siswa SMA. JIITUJ: Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi. 4(2), 163–173.
Subekti, Herni Ari., Nubaiti, Masilawati, Fitria, H. 2020. “Pemanfaatan Video Conference Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Produktif Di Sekoah Menengah Kejuruan”. Makalah disajikan dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.
Tang, X., Renninger, K. A., Hidi, S., Murayama, K., Lavonen, J., & Salmela-Aro, K. 2022. The differences and similarities between curiosity and interest: Meta-analysis and network analyses. https://doi.org/10.1016 /j.learninstruc.2022.101628
UNICEF Indonesia. 2020. Covid-19 dan Anak-Anak di Indonesia: Agenda Tindakan untuk Megatasi Tantangan Sosial Ekonomi. https://www.unicef.org/indonesia/ sites/unicef.org.indonesia/files/202005/COVID-19-dan-Anak-anak-di-Indonesia-2020_1.pdf.
Zachary Z, Brianna F, Brianna L, Garrett P, Jade W, Alyssa D. 2020. Self-quarantine and weight gain related risk factors during the COVID-19 pandemic. Obes Res Clin Pract.;14(3):210–6.
Published
2022-07-18
How to Cite
Anjelica, A. and Sulandjari, S. (2022) “The Effect of Using Cisco Webex to Increase Knowledge of Balanced Nutrition on UNESA PKK students”, GIZI UNESA, 2(2), pp. 108-114. Available at: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/GIZIUNESA/article/view/46920 (Accessed: 7December2022).
Abstract View: 161
PDF (Bahasa Indonesia) Download: 5