HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DAN SIKAP DENGAN KEBIASAAN SARAPAN PADA ANAK USIA SEKOLAH KELAS 4, 5, DAN 6 DI SDN NGAGELREJO I KOTA SURABAYA
Kata Kunci:
Anak Usia Sekolah, Kebiasaan Sarapan, Pengetahuan, SikapAbstrak
Kebiasaan sarapan adalah kegiatan mengkonsumsi makanan dan minuman di pagi hari yang dilakukan setiap hari dan berulang-ulang dalam rentang waktu yang lama dan berdekatan yang bertujuan agar seseorang memenuhi kebutuhan gizi dan bisa hidup sehat. Faktor internal yang mempengaruhi kebiasaan sarapan dua diantaranya adalah pengetahuan dan sikap mengenai sarapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan mengenai sarapan dan sikap terhadap sarapan dengan kebiasaan sarapan pada Anak Usia Sekolah Kelas 4, 5, dan 6 di SDN Ngagelrejo I Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan desain penelitian case control dengan responden sebanyak 40 siswa sekolah dasar, dengan rincian 20 siswa memiliki kebiasaan sarapan yang tidak baik dan 20 siswa memiliki kebiasaan sarapan yang baik. Teknik yang digunakan yaitu purposive sampling dengan analisis uji chi-square. Pengetahuan tentang sarapan diperoleh dari lembar tes pilihan ganda, sedangkan sikap terhadap sarapan diperoleh dari kuesioner sikap. Hasil analisis statistik antara pengetahuan sarapan anak usia sekolah dengan kebiasaan sarapan menunjukkan nilai Pvalue = 0,017. Sedangkan antara sikap sarapan pada anak usia sekolah dengan kebiasaan menunjukkan nilai Pvalue = 0,324. Dengan demikian, pada penelitian ini diketahui ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan sarapan dengan kebiasaan sarapan namun tidak ada hubungan antara sikap sarapan dengan kebiasaan sarapan.Unduhan
Data unduhan belum tersedia.
Unduhan
Diterbitkan
2024-02-02
Cara Mengutip
Ramadhaniasari, C. D. dan Sulandjari, S. (2024) “HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DAN SIKAP DENGAN KEBIASAAN SARAPAN PADA ANAK USIA SEKOLAH KELAS 4, 5, DAN 6 DI SDN NGAGELREJO I KOTA SURABAYA”, Jurnal Gizi dan Kesehatan Nusantara, 4(1), hlm. 571–577. Tersedia pada: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/GIZIUNESA/article/view/58434 (Diakses: 6 Juli 2025).
Terbitan
Bagian
Artikel

