PENGARUH PENGGUNAAN ACTIVITY BOOK TERHADAP PENGUASAAN PENGETAHUAN DAN SIKAP GIZI SEIMBANG PADA SISWA MI TARBIYATUL AULAD DESA NGUDIREJO KABUPATEN JOMBANG
Kata Kunci:
Activity book, Gizi seimbang, penguasaan pengetahuan dan sikap, pendidikan giziAbstrak
Activity book adalah buku berisi rangkaian aktivitas keterampilan dan permainan untuk kegiatan pembelajaran yang interaktif. Activity book dapat dimanfaatkan sebagai media untuk meningkatkan penguasaan pengetahuan dan sikap gizi seimbang pada siswa kelas 3 madrasah ibtidaiyah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan activity book terhadap penguasaan pengetahuan dan sikap tentang gizi seimbang pada siswa Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatul Aulad Desa Ngudirejo Kabupaten Jombang. Jenis penelitian adalah quasi experimental yang menggunakan non-equivalen control-group design, dimana terdapat 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen yang diberikan media activity book gizi seimbang dan kelompok kontrol yang diberikan handout gizi seimbang. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 36 siswa Madrasah Ibtidaiyah kelas 3, yang terdiri dari kelompok eksperimen sebanyak 18 siswa dan kelompok kontrol sebanyak18 siswa. Variabel bebas pada penelitian ini adalah penggunaan media Activity Book, sedangkan variabel terikat penelitian adalah penguasaan pengetahuan gizi seimbang yang diukur menggunakan pretest dan posttest penguasaan pengetahuan, dan sikap gizi seimbang yang diukur menggunakan angket sikap. Analisis data dilakukan dengan uji T dengan tingkat kepercayaan 95%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan gizi dengan media activity book berpengaruh terhadap penguasaan pengetahuan (p = 0,000) dan sikap (p = 0,001) pada siswa MI Tarbiyatul Aulad Desa Ngudirejo Kabupaten Jombang. Kata Kunci: Activity Book, Gizi Seimbang, Penguasaan Pengetahuan dan Sikap, Pendidikan Gizi.Unduhan
Data unduhan belum tersedia.
Unduhan
Diterbitkan
2023-06-26
Cara Mengutip
Afiah, C. S. dan Sulandjari, S. (2023) “PENGARUH PENGGUNAAN ACTIVITY BOOK TERHADAP PENGUASAAN PENGETAHUAN DAN SIKAP GIZI SEIMBANG PADA SISWA MI TARBIYATUL AULAD DESA NGUDIREJO KABUPATEN JOMBANG”, Jurnal Gizi dan Kesehatan Nusantara, 3(2), hlm. 291–296. Tersedia pada: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/GIZIUNESA/article/view/52245 (Diakses: 11 November 2025).
Terbitan
Bagian
Artikel
Abstract views: 234
,
PDF Downloads: 152