Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Karakter Siswa Pada Materi Interaksi Sosial
The Effect of the Role Playing Learning Model on Student Character in Social Interaction Material
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui aktivitas pembelajaran melalui menerapkan model role playing, selain itu untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan menerapkan model role playing. Kuasi eksperimen merupakan jenis penelitian ini yaitu dengan melakukan pengujian terhadap hipotesis “apakah ada pengaruh terhadap penerapan model pembelajaran role playing pada mata pelajaran IPS materi interaksi sosial terhadap karakter siswa”. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII E dan VII G dari UPT SMPN 42 Surabaya pada semester II tahun pelajaran 2022/2023. Angket, observasi, dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data. Dari hasil observasi peneliti mendapat hasil bahwa pada aktivitas pembelajaran role playing mendapat ketercapaian pembelajaran role playing yang baik dengan dilakukan tiga kali pertemuan dan mendapat hasil presentasi berturut-turut: 84%, 88%, 86%. Lalu pada hasil ketercapaian pembelajaran siswa mendapatkan hasil berturut turut: 93%, 94%, 92%. Serta pada profil karakter setelah pembelajaran role playing mendapat hasil rata rata 81% dengan kriteria tinggi. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa bahwa terdapat perbedaan karakter antara kelas eksperiment dan kelas kontrol. Perbedaan ini mendasar pada penerapan model pembelajaran. Pada kelas eksperiment menerapkan model pembalajaran role playing dan pada kelas kontrol menerapkan model pembelajaran konvensional
References
daryanto. (2007). evaluasi pendidikan . jakarta: Rineka Cipta.
Freeks, F. E. (2015). The Influence of Role-Players on The Character-Development and Character-Building of South African College Students. Journal of Education, 1-13.
Huda, & MIftahul. (2013). model-model pengajaran dan pembelajaran . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
kunto, A. (2018). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. jakarta: Rineka Cipta.
Maftuh, B. (1999). Konsep Dasar Ips. Jakarta.
Muhammad Mushfi, E. (2017). model interaksis sosial dalam mengkabolaris ketrampilan sosisal. Jurnal pedagogi, 16.
Nasdian, F. T. (2015). Sosiologi Umum. jakarta: Buku Obor.
Numan, S. (2001). Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Rosdakarya.
nurgianasah, hendri, & khoerudin . (2021). roke playing dalam pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan . Jurnal pendidikan , 8.
Pohan, A. (2020). konsep dan model pendidikan karakter. Purwodadi: CV sarnu untung.
soekanto, s. (2016). sosiologi suatu pengantar. jakarta: raja grafindo.
Suprijono, A. (2016). model-model pembeljaran emansipatoris. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Towaf, S. M. (2014). Pendidikan Karakter Pada Matapelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Ilmu Pendidikan, 10.
Zuriah. (2007). Pendidikan Moral & Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Copyright (c) 2023 Alesandro Rahmatullah Hermawan, Niswatin Niswatin, Nuansa Bayu Segara, Katon Galih Setyawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
PDF Downloads: 29