Pengembangan Media Berbasis Website Untuk Mningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik

  • Ady Nashrul Ummahhadi Universitas negeri Surabaya
  • Wiwik Sri Utami Universitas Negeri Surabaya
  • Nuansa Bayu Segara Universitas Negeri Surabaya
  • Riyadi Riyadi Universitas Negeri Surabaya
Keywords: media pembelajaran, berbasis website, Respon siswa, materi Hindu-Budha

Abstract

Wabah COVID-19 pada tahun 2020 telah masuk kedalam semua bidang, salah satunya adalah bidang pendidikan. Diperlukan inovasi-inovasi yang bertujuan untuk meningkatkan efektivitas belajar daring. Dengan adanya teknologi, maka para pendidik harus bisa berkreatifitas dan memikirkan bagaimana agar pembelajaran daring bisa dianggap efektif. Penelitian pengembangan ini dilakukan demi menciptakan media pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi diera yang semakin maju. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran yang berbasis pada website dengan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi kehidupan masyarakat Hindu – Budha, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui hasil belajar ketika menggunakan media pembelajaran berbasis website di SMP Negeri 58 Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian berjenis R&D (Research and Development). Desain penelitian ini menggunakan metode 4D. Penelitian ini meminta respon siswa terhadap media pembelajaran berbasis website ini, setelah melakukan penyebaran angket kepada siswa, telah didapat skor 45.8 yaang telah dikonversikan sehingga mendapat nilai rata-rata 91,6%, dari hasil tersebut telah didapat kriteria dengan kategori sangat baik. Peneliti juga meminta nilai dari ahli media serta ahli materi, setelah melakukan validasi, media pembelajaran berbasis website mendapat skor dengan nilai kelayakan oleh ahli media 1 dan 2 yakni 3,66 dan 3,76 yang dikategorikan sangat layak, kemudia penilaian oleh ahli materi yakni 3,56 dengan kategori sangat layak, dan hasil belajar yang mengalami peningkatan sebesar 45% yang sebelumnya rata-rata nilai 52,75 menjadi 81.75 menggunakan skala nilai 100. Kesimpulan: media pembelajaran berbasis website ini sangat layak digunakan dalam kegiatan belajar mengajar pada materi kehidupan masyarakat Hindu – Budha di Indonesia di SMP Negeri 58 Surabaya.

References

Chandrawati, S. R. (2010). Pemamfaatan E-Learning Dalam Pembelajaran. Chakrawala Kependidikan, 8(2), 101–203.
Faslah, R. (2017). Pemanfaatan Internet Dalam Pengembangan Konsep Ips Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bermakna. Online Dan Kependidikan, 9(2), 1–107.
Karyani;, Rina;, Samiah;, & Wardah. (2020). Plus Minus Pembelajaran Sejarah Jarak Jauh Media E-learning.
Mardapi, D. (2011). Pengembangan Instrumen Pengukur Hasil Belajar Nirbias Dan Terskala Baku. Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 15(2), 121.
Rusman. (2009). No Title. Layanan Pembelajaran Berbasis E-Learning, 2, 1–227.
Sari, E. rizqa. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran Geografi Berbantuan Komputer Dengan Materi Hidrosfer Untuk Siswa Sma Kelas X. Elibfis.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D.
Suryabrata, S. (1987). Pengembangan tes hasil siswa (1st ed.). Rajawali.
Thiagarajan. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Expectional Children. University of Minnesota.
Published
2023-12-26
How to Cite
Ummahhadi, A., Utami, W., Segara, N., & Riyadi, R. (2023). Pengembangan Media Berbasis Website Untuk Mningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. DIALEKTIKA PENDIDIKAN IPS, 3(4), 104 - 117. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/56510
Section
ARTIKEL
Abstract Views: 12
PDF Downloads: 9