Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division Untuk Mengembangkan Rasa Ingin Tahu Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial

  • Kamelia Wulandari Safrida Universitas Negeri Surabaya
  • Katon Galih Setyawan Universitas Negeri Surabaya
  • Nuansa Bayu Segara
  • Hendri Prastiyono
Keywords: Pembelajaran Student Team Achievement Division, Rasa Ingin Tahu, IPS

Abstract

Pembelajaran Student Team Achievement Division merupakan model pembelajaran yang dilakukan secara terpusat kepada siswa melalui belajar kelompok yang disetting secara terstruktur dengan  bantuan guru sebagai fasilitator. Dalam penelitian ini menemukan fakta bahwa siswa yang memiliki antusias tinggi dalam mencari jawaban dari berbagai sumber belum tentu memiliki rasa percaya diri dalam menyampaikan pertanyaan maupun mengemukakan pendapatnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan rasa ingin tahu siswa melalui penerapan model pembelajaran STAD pada mata pelajaran IPS. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitiannya yaitu penelitian deskriptif. Subjek penelitian yang terdapat dalam penelitian ini adalah siswa di kelas IX-E SMP Negeri 1 Bangilan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian memperoleh kesimpulan bahwa perkembangan tingkat rasa ingin tahu siswa mengalami peningkatan setelah dilakukan penerapan model pembelajaran STAD pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Bangilan selama lima pertemuan.

References

Aminu, N. (2022). Peran Mata Kuliah Al Islam dan Kemuhammadiyahan Terhadap Pembentukan Akhlak Mahasiswa. Jurnal Basicedu, 6(2), 2330–2341.
Cahyani, C. D., Suyitno, A., & Pujiastuti, E. (2022). Studi Literatur : Model Pembelajaran Blended Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Rasa Ingin Tahu Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5(Sandika IV), 272–281.
Djunaedi, R. M. (2021). Pengaruh Penggunaan Model Stad Berbantuan Media Busepia Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ips (Penelitian pada Siswa Kelas IV.
Ernawati Khumaedi Ani Rusilawati, D. N. S. P. (2016). Dimensi Rasa Ingin Tahu Siswa Melalui Pendekatan Saintifik Berbantuan Alat Perga Penjernihan Air. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 6(2), 10–17.
Fadilah, I., & ST, K. (2019). Identifikasi Sikap Rasa Ingin Tahu Siswa Terhadap Pembelajaran Fisika Di Man 1 Batanghari. Sukma: Jurnal Pendidikan, 3(2), 217–231.
Fauziah, S. R., Sutisnawati, A., Nurmeta, I. K., & Hilma, A. (2022). Pengaruh Metode Eksperimen Berbantuan Media Kit Ipa Terhadap Kemampuan Literasi Sains Dan Karakter Rasa Ingin Tahu Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 457–467.
Hakim, L., & Marzuki, I. (2019). Pendidikan Karakter Rasa Ingin Tahu Melalui Pembelajaran Konstruktif Dalam Kisah Musa Dan Khidir. Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan Tadarus Tarbawy, 1(2), 138–151.
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238.
Laghung, R. (2023). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Cendekia: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 3(1), 1–9.
Listriani, N. D., & Aini, K. N. (2019). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Hands on Activity Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Dan Rasa Ingin Tahu Siswa. Inspiramatika, 5(1), 50–61.
Novelyya, S. (2019). Pengaruh Karakter Rasa Ingin Tahu Siswa Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ipa Fisika Di Smp Negeri 08 Muaro Jambi. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 4(2), 174.
Prastiyono, H. (2019). Development Of Multimedia Materials Of The Geographic Universitas Negeri Malang. October.
Rohmawati, E. (2018). Hubungan Motivasi Belajar Dan Rasa Ingin Tahu Dengan. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 12 Tahun Ke-7.
Sari, E. N., Fauziah, H. N., Muna, I. A., & Anwar, M. K. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Scramble dengan Pendekatan Socio-Scientific terhadap Rasa Ingin Tahu Peserta Didik. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(3), 354–363.
Segara, N. B. (2015). Education For Sustainable Development (Esd) Sebuah Upaya Mewujudkan Kelestarian Lingkungan. Sosio Didaktika: Social Science Education Journal, 2(1), 22–30.
Setyawan, K. G., & Khotimah, K. (2019). Politik Akomodatif Dalam Masyarakat Multi Agama. The Journal of Society & Media, 3(1), 1.
Siregar, N. E. P., Siregar, Y. E., & Simatupang, R. M. (2022). Cara Mengasah Rasa Ingin Tahu Anak Dalam Pembelajaran Matematika. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 32–39.
Suprijono, A. (2010). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi. Kumpulan Metode Pembelajaran, 41–79.
Wulandari, I. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD ( Student Teams Achievement Division) dalam Pembelajaran MI. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(1), 17–23.
Wulandari, S. Y., Yeni, L. F., & Titin, T. (2020). Pengaruh STAD Berbantuan Buku Saku Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X MAN 1 Pontianak. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 8(1), 24.
Yelvita, F. S. (2022). 8.5.2017, 2003–2005.
Yusida, L. P., Ibrahim, I., & Said, A. (2016). Hubungan Self-Confidence dengan Kecemasan Siswa Ketika Bertanya di dalam Kelas. Konselor, 3(4), 134.
Published
2024-02-28
How to Cite
Safrida, K., Setyawan, K., Segara, N., & Prastiyono, H. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division Untuk Mengembangkan Rasa Ingin Tahu Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. DIALEKTIKA PENDIDIKAN IPS, 4(1), 1 - 12. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/58722
Section
ARTIKEL
Abstract Views: 0
PDF Downloads: 0