Implementasi Pendidikan Karakter Budaya 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, dan Santun) Sebagai Strategi Mengatasi Perundungan di UPT SMP Negeri 27 Gresik

Authors

  • Tegar Setiyanto Universitas Negeri Surabaya
  • Ali Imron Universitas Negeri Surabaya
  • Niswatin Niswatin Universitas Negeri Surabaya
  • Riyadi Riyadi Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/penips.v4i2.59990

Keywords:

Kata Kunci: Budaya 5S, Pendidikan Karakter, Perundungan

Abstract

Abstrak

Salah satu upaya penanaman pendidikan karakter kepada peserta didik dengan menggunakan budaya 5S(Senyum, Sapa, Salam, Sopan, dan Santun). Budaya ini menjadi pedoman bertingkah laku di UPT SMP Negeri 27 Gresik, dan sebagai program pembiasaan. Program pembiasaan diberikan melalui kegiatan 5S yang rutin dilakukan setiap hari. Namun, nilai karakter yang ada dalam budaya 5S ini masih belum bisa melekat sepenuhnya kedalam diri peserta didik. Sehingga perlu diberikannya pembaruan dengan penekanan budaya 5S pada semua kegiatan yang ada di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter budaya 5S(Senyum, Sapa, Salam, Sopan, dan Santun) dan Strategi untuk mengatasi perundungan di UPT SMP Negeri 27 Gresik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data yang diambil menggunakan metode wawancara mendalam. Pihak yang terlibat dalam penelitian ini diantaranya WK kesiswaan, guru pendidikan ilmu pengetahuan sosial, guru pendidikan kewarganegaraan, guru bimbingan konseling, dan siswa. Penelitian ini menggunakan teknik interaktif oleh Miles Hubberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya 5S(Senyum, Sapa, Salam, Sopan, dan Santun) mampu meminimalisir tingkat perundungan di UPT SMP Negeri 27 Gresik. Budaya ini juga membentuk karakter dari siswa-siswi menjadi lebih beretika dengan ditanamkannya nilai karakter yang ada dalam budaya 5S ini seperti toleransi, cinta damai, bersahabat dan komunikatif, disiplin, dan bertanggung jawab. Program budaya 5S dikatakan berhasil dikarenakan meminimalisir dampak negatif dari perundungan. Meskipun perilaku perundungan meningkat setiap tahunnya, namun hampir semua perilaku perundungan bisa diselesaikan oleh siswa itu sendiri.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-06-24

How to Cite

Setiyanto, T., Imron, A., Niswatin, N., & Riyadi, R. (2024). Implementasi Pendidikan Karakter Budaya 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, dan Santun) Sebagai Strategi Mengatasi Perundungan di UPT SMP Negeri 27 Gresik. Jurnal Dialektika Pendidikan IPS, 4(2), 9–18. https://doi.org/10.26740/penips.v4i2.59990

Issue

Section

ARTIKEL
Abstract views: 131 , PDF Downloads: 99

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>