Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning (Pbl) untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Virus Kelas X SMA
DOI:
https://doi.org/10.26740/bioedu.v14n2.p316-325Keywords:
Berpikir kritis, E-modul, virus, Problem Based LearningAbstract
Keterampilan berpikir kritis merupakan kemampuan untuk melakukan analisis mendalam, mengevaluasi informasi secara cermat dan mengambil keputusan yang logis dan rasional. Materi virus merupakan salah satu materi yang selaras untuk melatihkan berpikir kritis, karena dalam proses pembelajaran diperlukan keterlibatan peserta didik secara aktif dan kolaboratif untuk memahami konsep materi. Tujuan penelitian ini menghasilkan e-modul berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis pada materi virus kelas X SMA yang layak berdasarkan validitas, kepraktisan dan keefektifan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Pengembangan e-modul diselaraskan dengan sintaks PBL dan diperkaya dengan fitur-fitur khusus yang dirancang untuk melatih keterampilan berpikir kritis, diantaranya Bio-Orientation, Bio-Watch, Bio-Concept, Bio-Activity, Bio-Present, Let’s Practice dan Bio-Eval. Parameter penilitian ini yaitu validasi e-modul dinilai oleh dua dosen ahli dan satu guru biologi, kepraktisan e-modul diukur berdasarkan keterlaksanaan proses pembelajaran dan respon peserta didik, serta keefektifan e-modul dinilai berdasarkan pencapaian hasil belajar yang diperoleh melalui nilai pre-test dan post-test sesuai dengan indikator berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul berbasis PBL dinyatakan sangat valid dengan skor 95%. Dari segi kepraktisan, e-modul dinilai sangat praktis berdasarkan dari keterlaksanaan pembelajaran memperoleh skor 98% dan respon peserta didik yang sangat positif mencapai 98%. E-modul terbukti efektif melatih berpikir kritis ditunjukkan melalui skor N-Gain sebesar 0,7 yang tergolong dalam kategori tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis PBL memiliki tingkat validitas, kepraktisan dan efektivitas yang tinggi, sehingga layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi virus.
Kata Kunci: E-modul, Problem Based Learning, Virus, Berpikir Kritis
Downloads
References
Afkarina, Nahdiyah. 2023. Lembar Kerja Peserta Didik
Berbasis Problem Based Learning Materi Perubahan
Lingkungan untuk Melatih Kemampuan Berpikir
Kritis Peserta Didik Kelas X SMA. Bioedu. Vol.
12(3): hal. 630-643.
Agnafia, D. N. 2019. Analisis Kemampuan Berpikir
Kritis Siswa dalam Pembelajaran Biologi. Florea.
Vol. 6(1): hal. 45-53.
Almunawarah, R., & Bahri, A. 2023. Analisis
Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA
Negeri 8 Makassar. Jurnal Literasi. Vol. 07 (1): hal.
20–29.
Astuti, H. R., Prayitno, B. A., dan Suwarno. 2016.
Penerapan Problem Based Learning pada Materi
Pencemaran Lingkungan untuk Meningkatkan
Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X
MIA 3 SMA Negeri 3 Surakarta. Bio-Pedagogi. Vol.
5(1): hal. 38-42.
Erwanto. 2020. Profil Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
pada Konsep Keanekaragaman Hayati melalui
Problem Based Learning. Jurnal Kependidikan. Vol.
6 (3): hal. 578-587.
Facione, P. A. 2015. Critical thinking: What it is and why
it Counts. San Jose: The California Academic Press.
Fitriyah, I. M. N., & Ghofur, M. A. 2021. Pengembangan
E-LKPD Berbasis Android dengan Model
Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk
Meningkatkan Berpikir Kritis Peserta Didik.
Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol. 3 (5): hal.
1957-1970.
Hake, R.R. 1999. Analyzing Change/Gain Scores.
Indiana: Indiana University.
Harahap, P. D., Restuati, M. & Hardiansyah. 2017.
Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL)
terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa pada Materi
Pokok Bahasan Virus di Kelas X MAN Rantau
Prapat. Jurnal Pelita Pendidikan. Vol. 5 (01): hal.
47-51.
Herdiyanto, D. M., Sulton, & Praherdhiono, H. 2020.
Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif
pada Materi Tema Tanah bagi Siswa Tunagrahita.
JKTP. Vol 3 (1): hal. 88-96.
Herzon, H. H., Budijanto, B., & Utomo, D. H. 2018.
Pengaruh Problem Based Learning (PBL) terhadap
Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan:
Teori, Penelitian, dan Pengembangan. Vol. 3(1): hal.
42-46.
Kemendikbud. 2019. Pendidikan Karakter Dorong
Tumbuhnya Kompetensi Siswa Abad 21, (online).
(https://gtk.kemdikbud.go.id/read-news/pentingnya-4
c-untuk-menghadapi-abad-21, diakses 15 Mei 2024).
Khoirunnisa, L, Sitompul, S. S., & Mursyid, S. 2020.
Remediasi Miskonsepsi Menggunakan Model
Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Mind
Mapping Tentang Usaha di SMA. Jumal Pendidikan
Dan Pembelajaran Khatulistiwa. Vol. 9(9): hal. 1-9.
Kimianti, F. 2019. Pengembangan E-Modul IPA Berbasis
Problem Based Learning untuk Meningkatkan
Kemampuan Berpikir Kritis dan Literasi Sains. Tesis.
Yogyakarta: Pendidikan Sains. Program Pascasarjana.
Universitas Negeri Yogyakarta.
Kismawati, R., Ernawati. T., & Winingsih, P. H. 2022.
Pengembangan E-Komik Berbasis Heyzine Flipbook
pada Materi Sistem Pencernaan bagi Peserta Didik
Kelas VIII SMP. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah
Kependidikan. Vol. 6 (3): hal. 359-370.
Mahmudah, S., Kirana, T., & Rahayu, Y. S. 2022. Profile
of
Students’
Implementation
Critical
of
Thinking
E-Modul
Ability:
Based
on
Problem-Based Learning. IJORER : International
Journal of Recent Educational Research. Vol. 3 (4):
hal. 478–488.
Malina, I., Yuliani, H., & Syar, N. I. 2021. Analisis
Kebutuhan E-Modul Fisika sebagai Bahan Ajar
Berbasis PBL di MA Muslimat NU. Silampari Jurnal
Pendidikan Ilmu Fisika. Vol. 3 (1): hal. 70-80.
Mulyasari, P. J. 2021. Pengembangan E-Modul Berbasis
STEM untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar
dalam Pembelajaran Jarak Jauh pada Mata Pelajaran
Ekonomi. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol. 3
(4): hal. 2220-2236.
Nurjanah, N., & Trimulyono, G. 2022. Pengembangan
E-LKPD Berbasis Problem Based Learning untuk
Melatihkan Keterampilan Berpikir pada Materi
Hereditas Manusia. Bioedu. Vol. 11(3): hal. 765-774.
Pana, I. A. 2020. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Melalui Penerapan Problem Based Learning pada
Mata Pelajaran Biologi (Studi Kasus SMA Negeri 5
Model Palu). Tapis: Jurnal Penelitian Ilmiah. Vol. 4
(1): hal. 147-173.
Purwanto, E. A., & Sulistyastuti, D. R. (2017). Metode
Penelitian Kuantitatif: Untuk Administrasi Publik
Dan Masalah-Masalah Sosial. Gava Media.
Riduwan. 2016. Skala Pengukuran Variabel-Variabel
Penelitian. Bandung: Alfabeta
Riduwan & Sunarto. 2013. Pengantar Statistika untuk
Penelitian: Pendidikan, Sosial, Komunikasi, Ekonomi
dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Wulandari, R., Wardhani, S., & Nawawi, S. 2020.
Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Materi Keanekaragaman Hayati. Biology Education Science
& Technology. Vol 3 (1): hal. 45-53.

