FAKTOR-FAKTOR YANG MEMBENTUK MOTIVASI BERHIJAB PADA MAHASISWI PSIKOLOGI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang membentuk motivasi berhijab pada mahasiswi Psikologi Universitas Negeri Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, dengan jumlah subjek yaitu 100 mahasiswi di Universitas Negeri Surabaya.Karakteristik subjek adalah menggunakan hijab minimal selama dua tahun dan tidak pernah melepaskan hijabnya dalam kondisi apapun yang seharusnya menggunakan hijab.Data dalam penelitian ini adalah data yang dianalisis dengan model Rasch. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis faktor. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat dua faktor yang membentuk motivasi berhijab, yaitu faktor pendukung dan faktor ketertarikan. Faktor pendukung terdiri dari kebutuhan untuk menggunakan hijab, penghargaan karena telah menggunakan hijab, tekanan sosial yang mendorongnya untuk menggunakan hijab, dan hukuman yang menekannya untuk berhijab. Faktor ketertarikan terdiri dari minat yang muncul dalam diri individu untuk berhijab.
Kata Kunci : Motivasi Berhijab, MahasiswiPDF Downloads: 45