PERBEDAAN PSYCHOLOGICAL CAPITAL DITINJAU DARI JENIS KELAMIN PADA SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI “X”

  • Cici Fauziah Agustin Universitas Negeri Surabaya
  • Miftakhul Jannah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Siswa Madrasah Aliyah Negeri “X” tidak hanya menempuh pendidikan formal saja, tetapi juga program tambahan yang setara dengan perkuliahan Diploma 1. Hal ini tentunya memberikan beban tugas dan jam pelajaran tambahan, sehingga siswa dituntut untuk memiliki psychological capital yang tinggi. Perkembangan kemampuan dan kompetensi antara siswa laki-laki dan perempuan berbeda. Maka dimungkinkan adanya perbedaan psychological capital antara siswa laki-laki dan perempuan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan psychological capital ditinjau dari jenis kelamin pada siswa Madrasah Aliyah Negeri “X”. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa Madrasah Aliyah Negeri “X” sebanyak 1136 orang siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling dengan penyebaran instrumen melalui google form selama 7 hari. Sampel penelitian didapatkan sebanyak 144 siswa, terdiri dari 51 siswa laki-laki dan 93 siswa perempuan dengan rentang usia 15-18 tahun. Alat ukur yang digunakan yaitu skala psychological capital disusun berdasarkan teori Luthans, et al. Teknik analisis data menggunakan independent sample t-test. Hasil analisis data menunjukkan nilai t sebesar 3,394 dengan nilai signifikansiisebesar 0,001 (p<0,05). Maknanya yaitu terdapat perbedaan psychological capital antara siswa laki-laki dengan siswa perempuan. Hal ini dilihat dari keseluruhan aspek psychological capital bahwa siswa perempuan lebih unggul. Maka dapat dikatakan siswa perempuan memiliki kondisi psikologis yang lebih baik daripada siswa laki-laki.

Kata Kunci: Psychological capital, siswa                                                                            

 

Abstract

Students of Madrasah Aliyah Negeri "X" not only take formal education, but also additional programs that are equivalent to Diploma 1 lectures. This of course provides additional workloads and hours, so students are required to have high psychological capital. The development of abilities and competencies between male and female students is different. So it is possible that there are differences in psychological capital between male and female students. The purpose of this study was to determine the difference in psychological capital in terms of gender in the students of Madrasah Aliyah Negeri "X". This study uses quantitative methods. The population in this study were all students of Madrasah Aliyah Negeri "X" as many as 1136 students. Sampling using accidental sampling technique with the distribution of the instrument via google form for 7 days. The research sample was obtained as many as 144 students, consisting of 51 male students and 93 female students with an age range of 15-18 years. The measuring instrument used is the psychological capital scale based on the theory of Luthans, et al. The data analysis technique used independent sample t-test. The results of data analysis showed a t value of 3.394 with a significance value of 0.001 (p <0.05). The meaning is that there are differences in psychological capital between male students and female students. This can be seen from the overall psychological capital aspect that female students are superior. So it can be said that female students have a better psychological condition than male students.

Keywords: psychological capital, students

 

Published
2021-07-12
How to Cite
Agustin, C., & Jannah, M. (2021). PERBEDAAN PSYCHOLOGICAL CAPITAL DITINJAU DARI JENIS KELAMIN PADA SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI “X”. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 8(8), 1-9. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/41654
Abstract Views: 201
PDF Downloads: 701