HUBUNGAN KONTROL DIRI DAN FINANCIAL LITERACY DENGAN COMPULSIVE BUYING PADA PENGGUNA APLIKASI BELANJA ONLINE
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara kontrol diri dan financial literacy dengan compulsive buying pada pengguna aplikasi belanja online. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan subjek yaitu pengguna aplikasi belanja online. Teknik sampling yang digunakan yaitu accidental sampling dan didapatkan subjek sebanyak 32 subjek. Teknik pengambilan data menggunakan skala compulsive buying, kontrol diri, dan financial literacy yang berbentuk skala likert. Skala disusun berdasarkan aitem-aitem yang berasal dari aspek dan indikator setiap variabel. Tryout dilakukan terhadap instrumen penelitian dengan menggunakan 30 subjek. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis korelasi ganda menggunakan software SPSS 22 for windows dengan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0.000, nilai tersebut lebih kecil dari 0.05 yang berarti terdapat hubungan antara kontrol diri dan financial literacy dengan compulsive buying pada pengguna aplikasi belanja online. Hubungan variabel kontrol diri dan variabel financial literacy dengan variabel compulsive buying berupa hubungan negatif.
Kata Kunci: Compulsive buying, kontrol diri, financial literacy, aplikasi belanja online.
Abstract
This study aims to determine the relation between self-control and financial literacy with compulsive buying for online shopping application users. This research is a quantitative research with the sample of users of online shopping application. The sampling technique used was accidental sampling and subjects obtained are 32 subjects. Data collection using the compulsive buying scale, self-control scale, and financial literacy scale with Likert style scale. The scale is arranged based on the items derived from the aspects and indicators of each variable. Tryout were conducted on research instruments using 30 subjects. Data analysis using multiple correlation analysis by SPSS software 22 for windows with the results of this study indicate that the significant value is 0.000, the value is smaller than 0.05, so it can be said that there is a relation between self-control and financial literacy with compulsive buying on online shopping application users. In conclusion, self-control and financial literacy with compulsive buying has a negative relationship.
Keywords: Compulsive buying, self control, financial literacy¸ online shopping aplication
PDF Downloads: 617