PENGARUH MINDFULNESS TERHADAP KETANGGUHAN MENTAL PADA MAHASISWA PENGHAFAL AL-QUR'AN

  • Muhammad Arif Ghozali Universitas Negeri Surabaya
  • Miftakhul Jannah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Status hafiz Al-Qur’an  sekaligus mahasiswa, adalah peran yang harus dijalankan secara bersamaan. Masing-masing dari status ini memiliki beban yang sama berat. Ketangguhan mental mahasiswa penghafal Al-Qur’an akan benar-benar diuji ketika dihadapkan pada permasalahan hidup  yang bisa mengakibatkan stress. Mindfulness merupakan kemampuan yang individu miliki dalam melakukan pemusatan atensi atau perhatian secara langsung dan juga secara sengaja, artinya mindfulness adalah solusi yang baik untuk mengobati stress mahasiswa pengafal Al-Qur’an. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui adanya pengaruh mindfulness terhadap ketangguhan mental pada mahasiswa penghafal Al-Qur’an dengan menggunakan metode kuantitatif. Subjek dalam  penelitian ini berjumlah 60 mahasiswa penghafal Al-Qur’an yang bergabung di organisasi Jam’iyyatul Huffadz Mahasiswa di Surabaya (JHMS). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah FFMQ (Five facet Mindfulness Quistionaire) dan MTQ-48 (Mental Toughness Quistionaire). Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa R=0.874 ; P= 0.001 < 0.05 yang artinya mindfulness mempengaruhi ketangguhan mental pada mahasiswa penghafal Al-Qur’an. Variabel mindfulness berpengaruh terhadap ketangguhan mental sebanyak 0.764 atau sama dengan 76.4%. Hasil penelitian menunjukan semakin tinggi mindfulness maka tinggi juga ketangguhan mental.

How to Cite
Ghozali, M., & Jannah, M. (1). PENGARUH MINDFULNESS TERHADAP KETANGGUHAN MENTAL PADA MAHASISWA PENGHAFAL AL-QUR’AN. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 10(03), 460-470. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/54426
Abstract Views: 82
PDF Downloads: 212