Hubungan Antara Regulasi Emosi dengan Mental Toughness Pada Atlet Remaja
DOI:
https://doi.org/10.26740/cjpp.v10i03.54447Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan antara regulasi emosi dan mental toughness pada atlet remaja di Desain Besar Olahraga Nasional Universitas Negeri Surabaya. Regulasi emosi dan mental toughness merupakan faktor penting dalam peningkatan kinerja olahraga, terutama saat atlet menghadapi tekanan dan tuntutan prestasi yang tinggi. Metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasi digunakan, melibatkan 24 atlet remaja yang tinggal di asrama universitas. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner skala Likert untuk mengukur regulasi emosi dan mental toughness. Data dianalisis menggunakan uji asumsi dan uji korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan hubungan positif antara regulasi emosi dan mental toughness pada atlet remaja (r = 0,616, p < 0,05). Implikasi penelitian ini menekankan pentingnya pengembangan regulasi emosi yang baik dalam meningkatkan mental toughness atlet remaja. Saran untuk atlet remaja adalah mengontrol tekanan dengan koping positif untuk mencapai emosi yang positif, dan pelatih perlu memperhatikan latihan yang melibatkan regulasi emosi dan mental toughness. Penelitian selanjutnya disarankan untuk memperluas cakupan sumber referensi. Penelitian ini memberikan manfaat bagi para atlet, pelatih, dan peneliti di bidang psikologi olahraga.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
Copyright in any article is held by the author.
The author grants the journal, publication rights with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in an institutional repository or on their website) prior to and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.