Validitas EFIMAR (E-Modul Fisika Damar Kurung Gresik) untuk Melatihkan Berpikir Kritis Peserta Didik

Authors

  • Uswatun Khasanah Universitas Negeri Surabaya
  • Abd. Kholiq Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/ipf.v14n3.p16-27

Keywords:

E-Module, Damar Kurung, Berpikir Kritis, Gelombang Cahaya

Abstract

Perkembangan teknologi telah membawa perubahan di berbagai bidang, termasuk pendidikan. Sistem pendidikan perlu berdaptasi agar pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan keterampilan abad-21. Berpikir kritis adalah salah satu keterampilan abad-21. Selain itu, peran guru tidak lagi menjadi sumber belajar utama bagi peserta didik, seperti E-Modul yang memuat video, audio, animasi, dan gambar dirancang agar peserta didik belajar secara mandiri. Media pembelajaran yang melibatkan banyak indera dan nyata akan memberikan pengalaman belajar yang bermakna. Di sisi lain, perkembangan teknologi turut mengakibatkan memudarnya eksistensi budaya lokal seperti damar kurung Gresik. Padahal kurikulum merdeka belajar menyiratkan agar pembelajaran berakar dari budaya. Sehingga dilakukan pengembangan Efimar (E-Modul Fisika Damar Kurung Gresik) untuk melatihkan berpikir kritis peserta didik materi gelombang cahaya. Penelitian ini menggunakan model DDD-E dengan tahapan Decide, Design, Develop, dan Evaluate. Validitas Efimar diperoleh dari dua dosen pendidikan fisika dan satu guru fisika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase validitas pada aspek pembelajaran sebesar 93,68%, aspek media sebesar 93,33% aspek materi sebesar 95,19%, aspek kebahasaan sebesar 94%, dan diperoleh skor validasi rata-rata sebesar 93% dengan kategori sangat valid. Efimar dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran fisika dalam melatihkan berpikir kritis peserta didik. Sehingga pembelajaran lebih menarik dan bermakna dapat meningkatkan berpikir kritis peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbarudina, A. S., Hanggara, G. S., & Ratnawati, V. (2025). Dampak Penggunaan Media Sosial Siswa terhadap Motivasi Belajar : Studi Literatur dalam Konteks Pendidikan. Prosiding Konseling Kearifan Nusantara (KKN), 4, 891–900. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/kkn/article/view/6565

Ambyah Harjanto, et al. (2021). Bahan Ajar Tematik Integratif Kearifan Lokal Berbasis Kvisoft Flipbook Maker Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Lentera: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 14(1), 173–184.

Amiruddin, M. Z. Bin, Samsudin, A., Suhandi, A., Suliyanah, Admoko, S., Kholiq, A., … Ramadhan, M. O. (2024). The Implementation Model of Contextual Teaching and Learning (CTL) Based on Local Wisdom Karapan Sapi to Train Students’ Critical Thinking Abilities. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Lampung , 131–141.

Anugerahwati, M. (2019). Integrating the 6Cs of the 21st Century Education into the English Lesson and the School Literacy Movement in Secondary Schools. KnE Social Sciences, 3(10), 165–171. https://doi.org/10.18502/kss.v3i10.3898

Ariadila, S. N., Silalahi, Y. F. N., Fadiyah, F. H., Jamaluddin, U., & Setiawan, S. (2023). Analisis Pentingnya Keterampilan Berpikir Kritis Terhadap Pembelajaran Bagi Siswa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(20), 664–669. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.8436970

Arifin, M. Z., & Kholiq, A. (2022). Development of 3D ELSA (3D E-Book Based on Scientific Literacy) on Temperature and Heat. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 10(3), 628. https://doi.org/10.33394/j-ps.v10i3.5370

Aulia, N. D., Pratiwi, A., Nuri, A. Y., Malika, A., Yusnaldi, E., Islam, U., … Medan, U. (2025). Education Achievment: Journal of Science and Research. Education Achievment: Journal of Science and Research, 6(1), 29–39.

Azis, F., & Wahyuningsih, N. (2019). Damar Kurung Hasil Akulturasi Kebudayaan Masyarakat Gresik. Gelar : Jurnal Seni Budaya, 16(2), 150. https://doi.org/10.33153/glr.v16i2.2486

Azizah, I. A., & Sucahyo, I. (2022). Flipbook-Based Digital E-book Learning Media on Mechanical Wave Materials to Practice Critical Thinking Skills, 10(3), 712–718.

Bahri, S. (2021). Peningkatan Kapasitas Guru Di Era Digital Melalui Model Pembelajaran Inovatif Variatif. JURNAL HURRIAH: Jurnal Evaluasi Pendidikan Dan Penelitian, 2(4), 93–102. https://doi.org/10.56806/jh.v2i4.58

Dwiyanti, I., Supriatna, A. R., & Marini, A. (2021). Studi Fenomenologi Penggunaan E-Modul Dalam Pembelajaran Daring Muatan Ipa Di Sd Muhammadiyah 5 Jakarta. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 74–88. https://doi.org/10.23969/jp.v6i1.4175

Fitri, E. A., Karyadi, B., & Johan, H. (2023). Analisis Kebutuhan: Pemanfaatan Teknologi sebagai Media Pembelajar Fisika bagi Peserta didik di Pulau Enggano. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1789–1794.

Indah Rahmawati, N., Fitrayati, D., Ekonomi, P., & Profesi Guru, P. (2023). Project Based Learning (Pjbl) Terbimbing Berbantuan Media Pembelajaran Visual Damar Kurung Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar. Copyright@ Nur Indah Rahmawati, Masruroh, Dhiah Fitrayati INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3, 10290–10299.

Juhaeni, Safaruddin, R Nurhayati, & Aulia Nur Tanzila. (2020). Konsep Dasar Media Pembelajaran. JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School, 1(1), 34–43. https://doi.org/10.47400/jiees.v1i1.11

Masdar, R., & Ismail. (2025). Landasan Filsafat Progresivisme dalam Pengembangan. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 8(1), 350–356.

Meitasari, A. D. (2017). Damar Kurung pada Masa Pemerintahan Bupati Sambari Halim Tahun 2010-2015. Avatara, 5(3), 623–636.

Mubin, M. I., Yasir, M., Tamam, B., Wulandari, A. Y. R., & Hadi, W. P. (2024). Pengembangan E-Booklet IPA Terpadu Berbasis Etnosains Batik Damar Kurung Gresik untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Pancasakti Science Education Journal, 9(2), 109–117. https://doi.org/10.24905/psej.v9i2.218

Nadhiroh Khansa. (2022). Konsep Impuls dan Momentum dalam Permainan Tradisional Balogo sebagai E-suplemen Bahan Ajar Fisika Berbasis Flipbook. University of Jember Repository, 1–2. Retrieved from https://repository.unej.ac.id/handle/123456789/112840

Riduwan. (2015). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Risamasu, P. V. M., Pieter, J., & Gunada, I. W. (2023). Rekonstruksi Pengetahuan Sains Ilmiah Berbasis Kearifan Lokal Masyarakat di Pinggiran Danau Sentani Jayapura. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2687–2695. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1866

Savitri, I., & Kholiq, A. (2023). Validitas Komik Fisika Digital Untuk Melatihkan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Gaya Gesek. Inovasi Pendidikan Fisika, 12(3), 41–47. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/55601%0Ahttps://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/55601/44950

Septarini, R. A., & Kholiq, A. (2021). Pengembangan Media Prest Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA Pada Materi Momentum Dan Impuls. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 10(1), 32–38. https://doi.org/10.26740/ipf.v10n1.p32-38

Shobihah, S. S., Fakhruddin, A., & Firmansyah, M. I. (2024). Implementasi Pembelajaran Bermakna ( Meaningful Learning ) dalam Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMA Mutiara Bunda Doi. Implementasi Pembelajaran Bermakna (Meaningful Learning) Dalam Mata Pelajaran PAI Dan Budi Pekerti Di SMA Mutiara Bunda, 00(01), 57–74.

Tambunan, S. A. (2021). Analisa Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Konstruksi Dan Utilitas Gedung Di Kelas Desain Permodelan Dan Informasi Bangunan Smk Negeri 1 Percut Sei Tuan. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 3(1), 23–27. https://doi.org/10.21831/jpts.v3i1.41883

Wirdayati. (2024). Pentingnya Penggunaan Media Terhadap Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar SDN 005 Rokan IV Koto Program Studi Pendidikan Profesi Guru , Universitas Pahlawan Tuanku. Journal of Exploratory Dynamic Problems, 1(E-ISSN: 3031-8521), 68–73.

Yusuf, A. N., & Ismail. (2025). Signifikansi Pengembangan Kurikulum Abad 21 Berdasarkan Aliran Filsafat Pendidikan Progresivisme. IIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 8(1), 340–349.

Zulkhi, M. D., Rusyanti, & Astari, A. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Kearifan Lokal Balumbo Biduk Sarolangun Menggunakan Aplikasi 3D Pagelip Profesional Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 866–873.

Downloads

Published

09-11-2025

How to Cite

Khasanah, U., & Kholiq, A. (2025). Validitas EFIMAR (E-Modul Fisika Damar Kurung Gresik) untuk Melatihkan Berpikir Kritis Peserta Didik. Inovasi Pendidikan Fisika, 14(3), 16–27. https://doi.org/10.26740/ipf.v14n3.p16-27
Abstract views: 18 , PDF Downloads: 16

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.