Pengembangan Instrumen Penilaian Tes Literasi Sains Terintegrasi Kearifan Lokal Tari Remo Boletan Menggunakan Stimulus Video pada Materi Dinamika Gerak
Keywords:
Instrumen tes, literasi sains, kearifan lokal, audio video, tari remo boletan, dinamika gerakAbstract
AbstrakPenelitian ini bertujuan mengembangkan instrumen penilaian tes literasi sains terintegrasi kearifan lokal Tari Remo Boletan menggunakan stimulus video pada materi dinamika gerak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan desain penelitian model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Teknik pengumpulan data meliputi angket validitas konstruk, angket validitas empiris, angket respon, tes profil literasi sains peserta didik, dan wawancara. Uji coba dilakukan kepada 30 mahasiswa semester awal Prodi Pendidikan Fisika Unesa dan diterapkan lebih lanjut pada 90 peserta didik kelas XI SMA Negeri 3 Jombang. Hasil penelitian instrumen yang dikembangkan valid dan reliabel, dengan nilai Percentage of Agreement sebesar 93% (isi), 95% (konstruksi), dan 93% (bahasa). Reliabilitas diperoleh (0,772) > (0,361), dengan tingkat kesukaran sedang dan daya pembeda cukup hingga baik. Profil literasi sains peserta didik sebagian besar berada pada kategori (43%) rendah, (19%) cukup, (20%) tinggi, (9%) sangat tinggi dan (9%) sangat rendah. Respon peserta didik terhadap instrumen sangat positif, terutama pada aspek materi mencapai 74,3%. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian tes yang dikembangkan layak digunakan dan efektif untuk mengetahui profil literasi sains peserta didik.
Kata kunci: Instrumen tes, literasi sains, kearifan lokal, audio video, tari remo boletan, dan dinamika gerak.
Downloads
References
Aisyah, T., Zannah, R., Trisilaningsih, Y., & Priyanti, N. Y. (2022). Pembelajaran Problem Based Learning: Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Ber-Prakarya Mengunakan Media Loose Part Pada Anak Usia Dini Kelompok B. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 27-36. https://doi.org/10.36456/incrementapedia.vol4.no2.a6563.
Arifin, Z. (2009). Evaluasi pembelajaran (Vol. 8). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arifin, Z. (2014). Kriteria Instrumen dalam Suatu Penelitian. Jurnal Theorems (The Original Research of Mathematics), 2(1), 28-36.
Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Edisi Ketiga. Jakarta: Bumi Aksara.
Asraf, A., & Kurniawan, B. (2021). Fisika Dasar untuk Sains dan Teknik Jilid 1: Mekanika. Jakarta: Bumi Aksara.
Borich, G. D. (1994). Observation Skills for Effective Teaching. New York: McMillan Publishing Company.
Cheung, L. (2016). Using the ADDIE model of instructional design to teach chest radiograph interpretation. Journal of Biomedical Education, 2016(1),. https://doi.org/10.1155/2016/9502572.
Ennis, R. H. (1985). Critical Thinking: Its Nature, Measurement, and Improvement. Washington: National Inst. of Education.
Fidela, D. A., Rosidin, U., & Anggreini, A. (2023). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Ilmiah pada Pembelajaran Fisika untuk Memetakan Minat Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Menggala. Visipena, 14(1), https://doi.org/10.46244/visipena.v14i1.2107.
Ismail, M. I. (2020). Evaluasi Pembelajaran : Konsep Dasar, Prinsip, Teknik, dan Prosedur. Rajawali Pers.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2020. Keterampilan Pembelajaran pada Abad-21 Disiapkan untuk Sambut Bonus Demografi, (Online), (https://dikti.kemdikbud.go.id/kabar-dikti/kabar/keterampilan-pembelajaran-pada-abad-21-disiapkan-untuk-sambut-bonus-demografi-indonesia/, diakses 21 Januari 2025).
Maulida, F., & Sunarti, T. (2022). Pengembangan Instrumen Tes Literasi Sains Berbasis Kearifan Lokal di Kabupaten Lamongan. ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika, 8(1), 52-65. https://doi.org/10.31764/orbita.v8i1.8337.
Murti, W. W., & Sunarti, T. (2021). Pengembangan Instrumen Tes Literasi Sains Berbasis Kearifan Lokal di Trenggalek. ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika, 7(1), 33-43. https://doi.org/10.31764/orbita.v7i1.4386.
Musrotin. (2019). Pengembangan Instrumen Tes Berbasis Literasi Saintifik Terintegrsi Kearifan Lokal pada Materi Kalor di SMP/MTs. Universitas Islam Negeri Walisongo.
Mappalesye, N., Sari, S. S., & Arafah, K. (2021). Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, 17(1), 69-82.
Ningsetyo, M., & Sunarti, T. (2024). Pengembangan Instrumen Tes Literasi Sains Berbasis Kearifan Lokal Di Probolinggo. Jurnal Arjuna : Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Matematika. https://doi.org/10.61132/arjuna.v2i2.612
OECD. (2023). Result from PISA 2022 Country Note Indonesia, (Online), (https://www.oecd.org/pisa/publications/PISA2022_CN_IDN.pdf, diunduh 21 Januari 2025).
OECD. (2015). Result from PISA (Online), (diunduh 21 Januari 2025).
OECD. (2022). Result from PISA 2022 Country Note Indonesia, (Online), (diunduh 21 Januari 2025).
Putra, A. M. S., Handayani, R. A. D., & Prihandono, T. (2024). Ekplorasi Konsep Dinamika Rotasi pada Tari Banjarkemuning Asal Sidoarjo sebagai Sumber Pembelajaran Fisika Berbasis Etnofisika. U-Teach: Journal Education of Young Physics Teacher, 5(1), 43-51. https://doi.org/10.30599/uteach.v5i1.830.
Perkasa, M. (2018). Bahan Ajar Berorientasi Environmental Sustainability Education Berintegrasi Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Literasi Sains Mahasiswa. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 21(2), 246-256. https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n2i10.
Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sahir, S. H. (2021). Metodologi penelitian. Medan: KBM Indonesia.
Saka, E. (2019). Social media and politics in Turkey: A journey through citizen journalism, political trolling, and fake news. Rowman & Littlefield.
Sarni, S. (2019). Persepsi Peserta Didik Tentang Instrumen Tes Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp Negeri 6 Lembang Kab. Pinrang (Doctoral dissertation, IAIN Parepare).
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta.
Susilowati, E., Hartini, S., Suyidno, S., Mayasari, T., & Winarno, N. (2020). Hubungan Antara Kemampuan Pemecahan Masalah Terhadap Ketrampilan Berpikir Kritis. In Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah (Vol. 5, No. 1, pp. 119-125).
Suparya, I. K., Suastra, I. W., & Arnyana, I. B. P. (2022). Rendahnya Literasi Sains: Faktor Penyebab dan Alternatif Solusinya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1), 153–166. https://doi.org/10.38048/jipcb.v9i1.580.
Wardi, L. Z., & Jauhariyah, M. N. R. (2023). Analisis Profil Kompetensi Literasi Sains Siswa SMA Pada Materi Inti Atom Dan Radioaktivitas. Inovasi Pendidikan Fisika, 12(2), 74-80.
Widarti, R., & Roshayanti, F. (2021). Potensi Implementasi STEAM (Science, Technology, Engineering, Art and Mathematic) berorientasi ESD (Education for Sustainable Development) dalam Pembelajaran Fluida. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 10(3), 290-295. https://doi.org/10.15294/upej.v10i3.55702.
Wijayanti, R., & Siswanto, J. (2020). Profil Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Sumber-Sumber Energi. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 11(1), 109-113. https://doi.org/10.26877/jp2f.v11i1.5533.
Yuliantaningrum, L. I. N. A., & Sunarti, T. (2020). Pengembangan Instrumen Soal Hots untuk Mengukur Keterampilan Berpikir Kritis, Berpikir Kreatif, dan Pemecahan Masalah Materi Gerak Lurus pada Peserta Didik SMA. Inovasi Pendidikan Fisika, 9(2), 76-82.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 pradipta ramadhan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License (CC BY-NC 4.0).
Authors retain the copyright and full publishing rights of their articles without restriction. By submitting and publishing in this journal, the author grants the journal the non-exclusive right to publish and distribute the article, provided that proper attribution is given and the use is non-commercial.
To view a copy of this license, visit https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
Abstract views: 11
,
PDF Downloads: 1



