PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME RULES OF DESIGN UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN DESAINER SISWA

Main Article Content

Rynaldy Setyo Nugroho
Dodik Arwin Dermawan

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi dapat mengubah cara pandang terutama pada bidang pendidikan, media pembelajaran adalah salah satu untuk menunjang pemikiran yang inovatif dan konstruktif dalam mendorong proses belajar. Berdasarkan pra peneltian permasalahan yang diambil dinyatakan kurangnya peralatan Multimedia dan rasa bosan siswa dalam pembelajaran yang bersifat konvensional juga ketertarikan sekolah akan media pembelajaran dikembangkan kedalam bentuk game berbasis android yaitu game Rules Of Design. Dalam Penelitian ini ditujukan untuk 1) Mengukur kemampuan serta potensi desainer siswa dengan metode pembelajaran Research & Development pada bidang game edukasi berbasis android, 2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis game edukasi berdasarkan validator dari para ahli materi, media, dan respon siswa, 3) Mengembangkan media pembelajaran edukasi berbasis android multimedia kelas XI SMKN 4 Probolinggo pada materi Desain Grafis Percetakan. Metode dalam penelitian ini berupa Research and Development menggunakan model ADDIE dimana terdapat beberapa tahapan yaitu (1) Analisis, (2) Desain, (3) Pengembangan, (4) Implementasi, (5) Evaluasi. Teknik pengambilan data berupa pretest postest, dan dari metode tersebut penelitian ini mendapatkan beberapa hasil yaitu 1) Game Rules Of Design merupakan media pembelajaran ditujukan untuk mata pelajaran Desain Grafis Percetakan kelas XI SMKN 4 Probolinggo dengan menggunakan software Construct 2, 2) Dari validasi ahli media game ini mendapatkan hasil Layak dengan presentase 86,6 % . Sedangkan untuk ahli materi, game ini mendapatkan hasil yang Layak dengan presentase 82,6%. Lalu pada implementasi oleh siswa kelas XI di SMKN 4 Probolinggo mendapatkan hasil yang sangat layak dengan presentase 78,3%. Berdasarkan hasil yang telah diperoleh, maka game Rules Of Design yang dikembangkan dengan software Construct 2 “Layak” dijadikan media pembelajaran Desain Grafis Percetakan untuk kelas XI SMKN 4 di Probolinggo.

Article Details

How to Cite
Nugroho, R., & Dermawan, D. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME RULES OF DESIGN UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN DESAINER SISWA. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 5(01), 152-162. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/36691
Section
volume 05 Nomor 01

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>