PENGARUH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP PROBLEM SOLVING SISWA BERBANTU MEDIA PEMBELAJARAN

Main Article Content

Ashfa Hani Alfiyah
Ekohariadi Ekohariadi

Abstract

Seiring perubahan zaman dan adanya persaingan global, dibutuhkan pula merancang para peserta didik untuk memiliki nilai-nilai pendidikan karakter yang diajarkan bagi para peserta didik, dan untuk dapat secara efisien memecahkan masalah dunia nyata. Keterampilan-keterampilan tersebut dapat dilatihkan sebelum memasukin dunia kerja yang sesungguhnya, dimana terdapat berbagai cara salah satunya adalah dengan cara menerapkan mengembangkan keterampilan berpikir (berpikir kritis dan problem solving). Maka dari itu, studi literatur ini bertujuan mengetahui hubungan keterampilan berpikir kritis dengan problem solving siswa, mengetahui aspek penilaian dalam pengukuran berpikir kritis dan problem solving siswa, dan mengetahui adanya pengaruh keterampilan berpikir kritis terhadap kemampuan problem solving siswa berbantuan media pembelajaran. Dalam studi litertur ini media pembelajaran yang digunakan berbatas hanya berbasis website. Hasil dari studi literatur ini menyatakan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa terhadap kemampuan problem solving siswa berbantuan media web pada kelas eksperimen memiliki perbedaan nilai rata-rata disbanding dengan kelas kontrol. Kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata sebanyak 80,16 sedangkan pada kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata sebanyak 75,31.

Article Details

How to Cite
Alfiyah, A., & Ekohariadi, E. (2021). PENGARUH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP PROBLEM SOLVING SISWA BERBANTU MEDIA PEMBELAJARAN. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 5(01), 234-246. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/37482
Section
volume 05 Nomor 01

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3