PENGARUH MEDIA TELECONFERENCE DALAM PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA

Main Article Content

Rizky Taufan Rizaldi
Ekohariadi Ekohariadi

Abstract

Masa pandemi tidak bisa diangggap suatu keterbatasan atas semua aktivitas yang kita lakukan. Terutama pada sektor pendidikan. Pendidikan tidak boleh dihentikan hanya karena adanya Covid-19. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk tetap melanjutkan aktifitas sekolah bagi para siswa dan juga guru. Dalam pelaksanaanya dilakukan dengan cara SFH atau School from Home sekolah dari rumah. Pelaksanaannya dapat ditempuh dengan melakukan pembelajaran secara online atau yang biasa kita sebut daring (dalam jaringan). Beberapa media yang dapat menunjang pembelajaran daring diantaranya adalah media teleconference, maka dari itu, studi literatur ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa saat melakukan pembelajaran secara daring dengan pembelajaran konvensional, serta mengukur kemandirian siswa dalam pembelajaran saat pembelajaran daring dan hubungannya dengan hasil belajar siswa. Dalam studi literatur ini pembelajaran daring dilakukan dengan bantuan media teleconference zoom dan dipadukan dengan aplikasi edmodo. Hasil dari studi literasi ini menyatakan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara pembelajaran daring dengan pembelajaran konvensional, serta tercapainya aspek kemandirian pada siswa daat melakukan pembelajaran secara daring didapatkan hasil yang lebih besar daripada tingkat kemandirian belajar siswa padaa pembelajaran yang dilakukan secara konvensional.

Article Details

How to Cite
Rizaldi, R., & Ekohariadi, E. (2023). PENGARUH MEDIA TELECONFERENCE DALAM PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 8(1), 26-32. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/51050
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>