STUDI LITERATUR RESPONS SISWA SMK PADA PENGEMBANGAN E-MODUL UNTUK MATA PELAJARAN PRODUKTIF

Authors

  • Dwi Fasa Nur Fauzan Universitas Negeri Surabaya
  • Dodik Arwin Dermawan Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/it-edu.v8i1.51323

Abstract

Pengembangan E-Modul untuk mata pelajaran produktif siswa smk merupakan salah satu terobosan media bahan belajar siswa berbasis digital. Umumnya bahan belajar siswa masih terpaku pada materi yang disampaikan guru atau berupa buku cetak. Media tersebut kurang efisien dan berdampak menimbulkan kebosanan ke siswa sehingga pemahaman siswa tidak optimal sedangkan e-modul selain menyajikan materi, di dalamnya juga ditambahkan animasi, video, audio. Dengan rancangan media belajar yang semenarik itu, diharapakan dapat memberikan kemandirian dan pengalaman belajar langsung dalam mengembangkan bakat dan potensi yang dimiliki siswa smk. Tujuan dari studi ini adalah mengetahui efisiensi media belajar dan respons siswa smk pada beberapa pengembangan e-modul yang dikembangkan berbasis Moodle dan Android. Metode Systematic Literature Review (SLR) digunakan dalam penelitian artikel ilmiah ini. Tahap berikutnya adalah penetapan pertanyaan penelitian ( research question) yang dapat dijawab setelah dilakukan proses pengidentifikasian dan pengevaluasian dengan metode SLR. 10 referensi jurnal dipilih berdasarkan hasil studi peneliti, diperoleh data bahwa pengembangan e- modul untuk mata pelajaran produktif berbasis Moodle dan Android mendapatkan respons yang sangat baik pada siswa smk. Rata-rata kalkulasi respons siswa pada 12 referensi jurnal yang dipakai adalah <85%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

16-02-2023

How to Cite

Fauzan, D. F. N., & Dermawan, D. A. (2023). STUDI LITERATUR RESPONS SISWA SMK PADA PENGEMBANGAN E-MODUL UNTUK MATA PELAJARAN PRODUKTIF. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 8(1), 41–52. https://doi.org/10.26740/it-edu.v8i1.51323
Abstract views: 190 , PDF Downloads: 127

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2