PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE INTERAKTIF MENGGUNAKAN LARAVEL UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI BELAJAR MATA PELAJARAN BASIS DATA SISWA KELAS XI RPL DI SMKN 1 SURABAYA
Main Article Content
Abstract
Kegiatan belajar mengajar terkadang mengakibatkan siswa kurang aktif dan merasa bosan dengan metode yang diajarkan sebelumnya seperti menggunakan media Power Point dan guru menjelaskan secara demontrasi yang mengakibatkan terjadinya rasa kebosanan terhadap siswa dan daya tarik untuk memperhatikan juga kurang. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perubahan kompetensi belajar pada siswa kelas XI program keahlian RPL di SMKN 1 Surabaya dengan mata pelajaran Basis Data ketika menggunakan media ajar interaktif dengan menggunakan metode yang diajarkan sebelumnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengembangan R&D dengan hasil penelitian kelayakan validasi dari 3 Dosen ahli jurusan Teknik Informatika dan 2 guru SMK Negeri 1 Surabaya dengan nilai validasi rata-rata semua validasi tergolong layak digunakan. Hasil validasi media, RPP, angket respon siswa, materi, dan soal yang mempunyai masing-masing prosentase 85%, 88%, 87%, 96%, 96%. Hasil pengujian normalitas ditujukkan signifikan pada nilai kelas kontrol (XI RPL 2) sebesar 0.537 dengan nilai ? = 0.05 atau ? = 5% maka nilai signifikasi > 0.05 yang artinya data tersebut berdistribusi normal sedangkan kelas eksperimen (XI RPL 1) sebesar 0.364 yang artinya data tersebut berdistribusi normal. Hasil Uji Hipotesis T-Test menunjukkan bahwa H1 diterima yang artinya Website pembelajaran interaktif dapat meningkatkan kompetensi belajar siswa kelas XI RPL dan juga website pembelajaran berbasis website interaktif (Leartif) ini lebih baik dibandingkan menggunakan pembelajaran konvensional tanpa media pembelajaran.