PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PERCABANGAN DAN PERULANGAN DI SMK NEGERI 2 MOJOKERTO
Main Article Content
Abstract
Kemajuan teknologi memiliki dampak signifikan, termasuk dalam pendidikan. Media pembelajaran merupakan bentuk pemanfaatan teknologi informasi, agar pembelajaran menjadi lebih menarik. Tujuan penelitian untuk (1) mengetahui apakah media pembelajaran berbasis website layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran pemrograman web. (2) mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran berbasis website dengan model pembelajaran PBL dengan siswa yang tidak menggunakan media pembelajaran berbasis website dengan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran pemrograman web. Penelitian ini menerapkan pendekatan penelitian kuantitatiif menggunakan model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian memperlihatkan kelayakan media pembelajaran berbasis website dengan hasil ahli media memperoleh 88,8% kategori “Sangat Baik”. Hasil ahli materi memperoleh 88,6% kategori “Sangat Baik”. Hasil RPP memperoleh 89,4% kategori “Sangat Baik”. Hasil soal tes memperoleh 88% kategori “Sangat Baik”. Hasil yang dicapai memperlihatkan media pembelajaran berbasis website yang dibuat efektif dan sangat layak untuk diaplikasikan sebagai sarana proses belajar mengajar. Untuk mengetahui hasil pretest dan posttest dilakukan uji Independent t Test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Maka kesimpulannya pengembangan media pembelajaran berbasis website dengan model pembelajaran PBL memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan kompetensi percabangan dan perulangan siswa kelas XI RPL di SMK Negeri 2 Mojokerto.