PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE LEARNING START WITH A QUESTION DENGAN QUESTION STUDENT HAVE KELAS XI MATA PELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI DAN KEUANGAN SMK NEGERI 4 SURABAYA
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada penggunaan model pembelajaran active learning tipe learning start with a question dengan question student have kelas XI mata pelajaran Pengantar Akuntansi dan Keuangan SMK Negeri 4 Surabaya. Penelitian ini menggunakan true experimental design dengan pretest-posttest control group, populasi yang digunakan yakni peserta didik kelas XI jurusan Akuntansi SMK Negeri 4 Surabaya tahun ajaran 2018/2019. Teknik purposive sampling digunakan untuk menentukan sampel, sampel pada penelitian ini yakni kelas XI AK 1 sebagai kelas eksperimen dengan diterapkannya active learning tipe learning start with a question dan kelas XI AK 2 sebagai kelas kontrol dengan diterapkannya active learning tipe question student have. Sesuai uji-t didapatkan taraf signifikansi sebesar 0,000 dimana < 0,05 dengan perolehan nilai t hitung dan t tabel masing-masing 3,654 dan 1,993 yang menunjukkan t hitung > t tabel yang mengartikan bahwa Ha diterima yakni ada perbedaan hasil belajar siswa pada penggunaan model pembelajaran active learning tipe learning start with a question dengan question student have kelas XI Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi dan Keuangan SMK Negeri 4 Surabaya.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Learning Start With a Question, Question Student Have.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

