PENGEMBANGAN QUICK LEARN MYOB (QLM) BERBASIS ANDROID SEBAGAI BAHAN AJAR PENDUKUNG MATA PELAJARAN KOMPUTER AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 1 JOMBANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan, kelayakan, dan respon peserta didik terhadap Quick Learn MYOB berbasis android sebagai bahan ajar pendukung mata pelajaran komputer akuntansi perusahaan jasa kelas XI akuntansi di SMK Negeri 1 Jombang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE terdiri dari Analysis, Design, Develop, Implementation dan Evaluation. Uji coba dilakukan secara terbatas dengan 20 peserta didik kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Jombang. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar telaah, lembar validasi, dan angket respon peserta didik. Data yang diperoleh dianalisis secara deskripstif dengan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan Quick Learn MYOB (QLM) berbasis android sebagai bahan ajar pendukung mata pelajaran komputer akuntansi perusahaan jasa mendapat skor dari ahli materi sebesar 86 % untuk kelayakan materi. Ahli bahasa memberikan skor 79,1 % untuk kelayakan bahasa, dan ahli grafis memberikan skor 96,8 % untuk kelayakan kegrafikan. Rata-rata persentase seluruh validasi para ahli adalah 87,3 % dengan kriteria sangat sesuai. Kemudian hasil rata-rata persentase dari respon peserta didik sebesar 96,6 % dengan kriteria sangat paham.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

