PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MOBILE LEARNING SPREADSHEET BERBASIS ANDROID PADA MATERI SIKLUS AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA UNTUK KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 2 BUDURAN SIDOARJO
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan mobile learning spreadsheet berbasis android pada materi siklus akuntasi perusahaan jasa untuk kelas X Akuntansi SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo. Tujuan dikembangkannya mobile learning spreadsheet yaitu untuk membantu peserta didik agar lebih aktif dalam mencari informasi mengenai hal baru yang dipelajarinya serta membantu dalam aktivitas belajar Selain itu, penelitian pengembangan ini juga bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan respon peserta didik terhadap mobile learning spreadsheet berbasis android. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini mengacu pada model pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Raiser dan Mollenda yang memiliki lima tahap pengembangan yaitu analysis, design, development, implementation, evaluation. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode diskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil kelayakan mobile learning spreadsheet pada komponen kelayakan isi diperoleh persentase sebesar 80%, komponen kelayakan penyajian sebesar 80% , komponen kelayakan bahasa sebesar 82.86%, dan komponen kelayakan kegrafikan sebesar 80% dengan rata-rata kelayakan menunjukkan persentase sebesar 80.71% yang yang menunjukkan kriteria layak. Hasil respon peserta didik diperoleh persentase sebesar 87.40% yang menunjukkan kriteria sangat baik. Dengan demikian, Bahan Ajar Mobile Learning Spreadsheet Berbasis Android Pada Materi Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa Untuk Kelas X Akuntansi sangat layak dan sangat baik digunakan sebagai bahan ajar.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

