PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS SAINTIFIK SEBAGAI BAHAN AJAR PENDUKUNG MATA PELAJARAN PRODUK SYARIAH

  • RIZKY AYUNDA SARI
  • LUQMAN HAKIM

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan produk bahan ajar berupa Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) dengan berbasis pendekatan saintifik guna membantu proses pembelajaran pada mata pelajaran Produk Syariah kelas XI Perbankan Syariah dengan kurikulum 2013. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4P (Perencanaan, Pendefinisian, Pengembangan dan Penyebaran) yang merupakan adaptasi dari model 4D, akan tetapi peneitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam pengembangan LKPD ini adalah lembar telaah dan lembar validasi dari ahli materi, ahli bahasa, ahli grafis serta angket respon peserta didik. Lembar telaah ahli digunakan untuk memeroleh data kualitatif berupa komentar dan saran dari para ahli, sedangkan data kuantitatif diperoleh dari lembar validasi ahli dan angket respon peserta didik. Hasil validasi kelayakan dari LKPD ini menurut para ahli adalah sebesar 86,29% dengan kategori sangat layak, sedangkan angket respon peserta didik diperoleh hasil sebesar 89% dengan kategori sangat layak. Dengan demikian, diperoleh simpulan bahwa LKPD yang dihasilkan dikategorikan sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran mata pelajaran Produk Syariah kelas XI semester genap.

Kata Kunci: Pengembangan, LKPD, Produk Syariah, Saintifik

Published
2018-10-10
How to Cite
AYUNDA SARI, R., & HAKIM, L. (2018). PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS SAINTIFIK SEBAGAI BAHAN AJAR PENDUKUNG MATA PELAJARAN PRODUK SYARIAH. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 6(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/25748
Section
Article
Abstract Views: 119
PDF Downloads: 143