PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS SAINTIFIK SEBAGAI BAHAN AJAR PENDUKUNG MATA PELAJARAN PRODUK SYARIAH
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan produk bahan ajar berupa Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) dengan berbasis pendekatan saintifik guna membantu proses pembelajaran pada mata pelajaran Produk Syariah kelas XI Perbankan Syariah dengan kurikulum 2013. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4P (Perencanaan, Pendefinisian, Pengembangan dan Penyebaran) yang merupakan adaptasi dari model 4D, akan tetapi peneitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam pengembangan LKPD ini adalah lembar telaah dan lembar validasi dari ahli materi, ahli bahasa, ahli grafis serta angket respon peserta didik. Lembar telaah ahli digunakan untuk memeroleh data kualitatif berupa komentar dan saran dari para ahli, sedangkan data kuantitatif diperoleh dari lembar validasi ahli dan angket respon peserta didik. Hasil validasi kelayakan dari LKPD ini menurut para ahli adalah sebesar 86,29% dengan kategori sangat layak, sedangkan angket respon peserta didik diperoleh hasil sebesar 89% dengan kategori sangat layak. Dengan demikian, diperoleh simpulan bahwa LKPD yang dihasilkan dikategorikan sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran mata pelajaran Produk Syariah kelas XI semester genap.
Kata Kunci: Pengembangan, LKPD, Produk Syariah, Saintifik
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 143