PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ELEKTRONIK BERBASIS ANDROID DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN PERBANKAN DASAR DI SMK NEGERI 2 KEDIRI
Abstract
Abstrak.
Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi memiliki dampak yang sangat penting terhadap dunia pendidikan khususnya pada perubahan kurikulum yang bertujuan menciptakan sistem pendidikan terbaik di Indonesia. Kurikulum 2013 edisi revisi merupakan perubahan kurikulum terakhir yang dilakukan pemerintah dimana bahan ajar merupakan komponen penting dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar elektronik berbasis android dengan pendekatan saintifik pada mata pelajaran perbankan dasar di SMK Negeri 2 Kediri. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini ialah model pengembangan 4-D (define, design, develop, dan desseminate) oleh Thiagarajan, Semmel, dan Semmel, namun penelitian hanya dilakukan sampai tahap develop saja. Hasil pengembangan menunjukkan hasil kelayakan materi sebesar 87% dengan kriteria sangat baik, kelayakan Bahasa sebesar 88% dengan kriteria sangat baik, dan kelayakan kegrafikan sebesar 83% dengan kriteria sangat baik. Rata-rata dari ketiga komponen kelayakan ahli sebesar 85,5%. Rata-rata persentase respon peserta didik sebesar 89% dengan kriteria sangat baik. Dengan demikian, bahan ajar elektronik berbasis android dengan pendekatan saintifik pada mata pelajaran perbankan dasar dapat dinyatakan sangat baik digunakan dalam pembelajaran
Kata Kunci: bahan ajar elektronik, pendekatan saintifik, perbankan dasar
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 127