PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ELEKTRONIK BERBASIS ANDROID DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN PERBANKAN DASAR DI SMK NEGERI 2 KEDIRI

Authors

  • YEFIA NUR LAILI
  • SUCI ROHAYATI

Abstract

 

Abstrak.

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi memiliki dampak yang sangat penting terhadap dunia pendidikan khususnya pada perubahan kurikulum yang bertujuan menciptakan sistem pendidikan terbaik di Indonesia. Kurikulum 2013 edisi revisi merupakan perubahan kurikulum terakhir yang dilakukan pemerintah dimana bahan ajar merupakan komponen penting dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar elektronik berbasis android dengan pendekatan saintifik pada mata pelajaran perbankan dasar di SMK Negeri 2 Kediri. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini ialah model pengembangan 4-D (define, design, develop, dan desseminate) oleh Thiagarajan, Semmel, dan Semmel, namun penelitian hanya dilakukan sampai tahap develop saja. Hasil pengembangan menunjukkan hasil kelayakan materi sebesar 87% dengan kriteria sangat baik, kelayakan Bahasa sebesar 88% dengan kriteria sangat baik, dan kelayakan kegrafikan sebesar 83% dengan kriteria sangat baik. Rata-rata dari ketiga komponen kelayakan ahli sebesar 85,5%. Rata-rata persentase respon peserta didik sebesar 89% dengan kriteria sangat baik. Dengan demikian, bahan ajar elektronik berbasis android dengan pendekatan saintifik pada mata pelajaran perbankan dasar dapat dinyatakan sangat baik digunakan dalam pembelajaran

 

Kata Kunci: bahan ajar elektronik, pendekatan saintifik, perbankan dasar




Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-11-05

How to Cite

NUR LAILI, Y., & ROHAYATI, S. (2018). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ELEKTRONIK BERBASIS ANDROID DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN PERBANKAN DASAR DI SMK NEGERI 2 KEDIRI. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 6(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/25936

Issue

Section

Article
Abstract views: 133 , PDF Downloads: 162

Most read articles by the same author(s)