Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Administrasi Pajak Kelas XI Di SMK Negeri Mojoagung

  • DEA VITASARI
  • SUCI ROHAYATI

Abstract

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana proses pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik, kelayakan menurut ahli materi, ahli bahasa dan ahli grafis dan respon peserta didik terhadap LKPD yang dikembangkan. Model pengembangan pada penelitian menggunakan model pengembangan 4D dari Thiagarajan yang terdiri dari define, design, develop dan disseminate, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar telaah dan validasi menurut ahli materi, ahli bahasa dan ahli grafis serta angket respon siswa. Penghitungan skor persentase mengacu pada skala likert dan skala guttman. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kelayakan isi sebesar 87,4% dengan kriteria sangat baik, kelayakan penyajian sebesar 78% dengan kriteria sangat baik, bahasa sebesar 94% dengan kriteria sangat baik, dan kegrafikan sebesar 98% dengan kriteria sangat baik. Dari keseluruhan diperoleh rata rata sebesar 89,3% dengan kriteria sangat baik. Untuk angket respon siswa memperoleh hasil rata rata sebesar 87,5% dengan kriteria sangat baik.

 

Kata kunci : Bahan Ajar, LKPD, Pendekatan Saintifik.

Published
2018-10-10
How to Cite
VITASARI, D., & ROHAYATI, S. (2018). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Administrasi Pajak Kelas XI Di SMK Negeri Mojoagung. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 6(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/25747
Section
Article
Abstract Views: 163
PDF Downloads: 908