PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, MINAT BELAJAR, DAN HASIL BELAJAR PENGANTAR AKUNTANSI TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI MAHASISWA S1 PRODI PENDIDIKAN AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
Abstract
Keberhasilan dalam mencapai pemahaman akuntansi yang baik diperoleh melalui penguasaan kecerdasan emosional serta minat belajar yang muncul dari dalam diri untuk belajar memahami sesuatu yang akan dipelajari. Mahasiswa dapat mencapai tingkat pemahaman akuntansi dari adanya faktor yang berpengaruh, antara lain faktor internal dan faktor eksternal. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh dari kecerdasan emosional, minat belajar, dan hasil belajar pengantar akuntansi terhadap tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa s1 prodi pendidikan akuntansi fakultas ekonomi universitas negeri surabaya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Sampel penelitian ini sebanyak 86 mahasiswa diangkatan 2016 jurusan pendidikan akuntansi. Pengumpulan data dalam penelitian ini memakai teknik dokumentasi dan kuesioner. Kemudian metode analisis data memakai analisis regresi linear berganda. Penelitian ini menunjukan hasil kecerdasan emosional, minat belajar, dan hasil belajar pengantar akuntansi simultan serta berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa S1 Prodi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Sedangkan pengujian secara parsial kecerdasan emosional dan minat belajar tidak berpengaruh dengan signifikaan, kecerdasan emosional t hitung 0,696 dan signifikansi 0,489 dan untuk minat belajar t hitung 0,322 dan signifikansi 0,748 terhadap tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa S1 Prodi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Sedangkan hasil belajar pengantar akuntansi berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa S1 Prodi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya dengan nilai t hitung 9,706 dan signifikansi 0,000.
Kata Kunci: Tingkat pemahaman akuntansi, kecerdasan emosional , minat belar, hasil belajar pengantar akuntansi.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 293