PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, MINAT BELAJAR, DAN HASIL BELAJAR PENGANTAR AKUNTANSI TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI MAHASISWA S1 PRODI PENDIDIKAN AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

  • RYAN HERMAWAN
  • SUCI ROHAYATI

Abstract

Keberhasilan dalam mencapai pemahaman akuntansi yang baik diperoleh melalui penguasaan kecerdasan emosional serta minat belajar yang muncul dari dalam diri untuk belajar memahami sesuatu yang akan dipelajari. Mahasiswa dapat mencapai tingkat pemahaman akuntansi dari adanya faktor yang berpengaruh, antara lain faktor internal dan faktor eksternal. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh dari kecerdasan emosional, minat belajar, dan hasil belajar pengantar akuntansi terhadap tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa s1 prodi pendidikan akuntansi fakultas ekonomi universitas negeri surabaya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Sampel penelitian ini sebanyak 86 mahasiswa diangkatan 2016 jurusan pendidikan akuntansi. Pengumpulan data dalam penelitian ini memakai teknik dokumentasi dan kuesioner. Kemudian metode analisis data memakai analisis regresi linear berganda. Penelitian ini menunjukan hasil kecerdasan emosional, minat belajar, dan hasil belajar pengantar akuntansi simultan serta berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa S1 Prodi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Sedangkan pengujian secara parsial kecerdasan emosional dan minat belajar tidak berpengaruh dengan signifikaan, kecerdasan emosional t hitung 0,696 dan signifikansi 0,489 dan untuk minat belajar t hitung 0,322 dan signifikansi 0,748 terhadap tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa S1 Prodi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Sedangkan hasil belajar pengantar akuntansi berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa S1 Prodi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya dengan nilai t hitung 9,706 dan signifikansi 0,000.

 

Kata Kunci: Tingkat pemahaman akuntansi, kecerdasan emosional , minat belar, hasil belajar pengantar akuntansi.

Published
2019-07-26
How to Cite
HERMAWAN, R., & ROHAYATI, S. (2019). PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, MINAT BELAJAR, DAN HASIL BELAJAR PENGANTAR AKUNTANSI TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI MAHASISWA S1 PRODI PENDIDIKAN AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 7(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/29650
Section
Article
Abstract Views: 260
PDF Downloads: 293