Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran Akuntansi, Intensitas Praktikum Akuntansi dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Dagang Kelas XI di SMK Negeri 10 Surabaya

Authors

  • MUJIANI
  • SUCI ROHAYATI

Abstract

Hasil belajar akuntansi merupakan indikator keberhasilan siswa dalam proses pembelajaran. Hasil belajar yang optimal dapat tercapai jika pembelajaran dilaksanakan dengan baik. Namun kenyataan yang ada, walaupun siswa mendapat perlakuan yang sama saat pembelajaran, siswa mendapatkan hasil belajar yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan modul pembelajaran akuntansi, intensitas praktikum akuntansi dan motivasi terhadap hasil belajar mata pada pelajaran akuntansi perusahaan dagang kelas XI di SMK Negeri 10 Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Pengambilan sampel dengan teknik proportional random sampling. Sampel yang diambil berjumlah 97 siswa kelas XI Akuntansi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data, menunjukkan bahwa (1) Penggunaan modul pembelajaran akuntansi, intensitas praktikum akuntansi dan motivasi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar pada mata pelajaran akuntansi perusahaan dagang kelas XI di SMK Negeri 10 Surabaya; (2) Penggunaan modul pembelajaran akuntansi berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar; (3) Intensitas praktikum akuntansi berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar dan (4) Motivasi berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar.

 

Kata Kunci: penggunaan modul, intensitas praktikum, motivasi dan hasil belajar




Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-08-24

How to Cite

MUJIANI, & ROHAYATI, S. (2018). Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran Akuntansi, Intensitas Praktikum Akuntansi dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Dagang Kelas XI di SMK Negeri 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 6(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/25333

Issue

Section

Article
Abstract views: 32 , PDF Downloads: 109

Most read articles by the same author(s)