PENGEMBANGAN PERMAINAN KARANSI (KARAMBOL AKUNTANSI) SEBAGAI MEDIA PENGAYAAN PADA MATERI UTANG JANGKA PENDEK KELAS XI AKUNTANSI DI SMK NEGERI 10 SURABAYA

Authors

  • MOHAMMAD FATHUR RIDLO
  • ROCHMAWATI

Abstract

Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk permainan Karansi (Karambol Akuntansi) sebagai media pengayaan yang dapat digunakan dalam pembelajaran pada materi utang jangka pendek kelas XI akuntansi di SMK Negeri 10 Surabaya. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Proses pengembangan media pengayaan permainan Karansi (Karambol Akuntansi) ini melalui tahap analisis, design, pengembangan, implementasi dan pada tahap evaluasi tidak dilakukan. Penelitian ini melibatkan ahli materi dan ahli media sebagai penelaah dan validator yang memberikan penilaian terhadap kelayakan materi maupun media. Adapun hasil yang diberikan oleh ahli materi dan ahli media adalah 81,9% dan 96,3% dengan kriteria sangat layak. Penelitian ini diuji cobakan secara terbatas pada 18 peserta didik kelas XI akuntansi di SMK Negeri 10 Surabaya, dan rata-rata presentase hasil uji coba peserta didik sebesar 93,8% dengan kriteria sangat baik. Sehingga berdasarkan hasil keseluruhan validasi ahli dan uji coba secara terbatas, maka dapat disimpulkan yaitu permainan Karansi (Karambol Akuntansi) yang dikembangkan dinyatakan sangat layak untuk digunakan saat program pengayaan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-08-06

How to Cite

FATHUR RIDLO, M., & ROCHMAWATI. (2019). PENGEMBANGAN PERMAINAN KARANSI (KARAMBOL AKUNTANSI) SEBAGAI MEDIA PENGAYAAN PADA MATERI UTANG JANGKA PENDEK KELAS XI AKUNTANSI DI SMK NEGERI 10 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 7(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/30097

Issue

Section

Article
Abstract views: 17 , PDF Downloads: 92

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 > >>