Pengaruh Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan, Uang Saku, dan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Menabung Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya
Abstract
Pertumbuhan ekonomi suatu bangsa akan meningkat apabila didorong oleh tingkat tabungan yang tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui dan menganalisis pengaruh literasi keuangan, inklusi keuangan, uang saku, dan teman sebaya secara simultan maupun parsial terhadap perilaku menabung mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Penelitian ini mengambil populasi pada mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya yang berjumlah 327 mahasiswa. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah responden 118 mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan kuisioner. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS versi 22.0. Hasil analisis data yaitu: Pertama literasi keuangan, inklusi keuangan, uang saku, dan teman sebaya secara simultan berpengaruh signifikan terhadap perilaku menabung, Kedua literasi keuangan berpengaruh signifikan terhadap perilaku menabung, Ketiga inklusi keuangan berpengaruh signifikan terhadap perilaku menabung, Keempat uang saku berpengaruh signifikan terhadap perilaku menabung, Ketlima teman sebaya berpengaruh signifikan terhadap perilaku menabung.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

