PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO SEBAGAI BAHAN PENGAMATAN PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI PERBANKAN DAN KEUANGAN MIKRO KELAS XI PERBANKAN UNTUK SMK

Authors

  • PUTRI CARIMA QODYRIA
  • SUSANTI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan, kelayakan, dan respon siswa terhadap media pembelajaran video yang akan digunakan sebagai bahan pengamatan pada mata pelajaran Akuntansi Perbankan dan Keuangan Mikro untuk siswa SMK kelas XI di SMK Negeri 10 Surabaya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE yang dikemukakan oleh Reiser dan Mollenda. Dalam penelitian pengembangan ini menggunakan jenis data kualitatif dan kuantitatif dengan instrumen pengumpulan data menggunakan angket terbuka dan angket tertutup. Data diinterpretasikan berdasarkan perhitungan skor menurut skala Likert dan Guttman.

Produk yang dihasilkan berupa media pembelajaran berupa video. Media telah melalui tahap telaah dan validasi terlebih dahulu oleh 2 ahli materi dan 1 ahli media. Uji coba produk dilakukan secara terbatas kepada 20 siswa kelas XI Perbankan SMK Negeri 10 Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari validasi ahli materi mendapatkan skor sebesar 82%, validasi ahli media 80%, dan respon siswa diperoleh sebesar 92,6%. Maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran video ini sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Video Pengamatan, Akuntansi Perbankan dan Keuangan Mikro

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-12-20

How to Cite

CARIMA QODYRIA, P., & SUSANTI. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO SEBAGAI BAHAN PENGAMATAN PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI PERBANKAN DAN KEUANGAN MIKRO KELAS XI PERBANKAN UNTUK SMK. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 7(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/31318

Issue

Section

Article
Abstract views: 37 , PDF Downloads: 166

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>