PENGEMBANGAN MODUL AKUNTANSI BERORIENTASI KONTEKSTUAL PADA MATERI MENCATAT TRANSAKSI KE JURNAL UMUM PERUSAHAAN JASA

  • Risma Novita
  • Rochmawati Rochmawati

Abstract

Dalam realitas pendidikan di lapangan, banyak pendidik yang masih menggunakan bahan ajar yang tidak kontekstual, tidak menarik dan tidak sesuai dengan kebutuhan siswa. Ilmu akuntansi adalah salah satu ilmu aplikatif, maka bahan ajar yang sangat mendekati kondisi riil sangatlah dibutuhkan. Modul akuntansi yang berorientasi kontekstual dengan materi yang dikaitkan konsep dunia nyata akuntansi dan mendorong siswa belajar mandiri. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Thiagarajan yang terdiri dari tahap define, tahap design, tahap develop, dan tahap disseminate. Namun penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap develop. Berdasarkan hasil kelayakan modul dari validasi para ahli sebesar 80,7% dengan kriteria sangat layak, sedangkan respon siswa menunjukkan sangat kuat sebesar 90,67%, sehingga disimpulkan bahwa modul akuntansi berorientasi kontekstual pada materi mencatat transaksi ke jurnal umum perusahaan jasa kelas XI IPS SMA Negeri 18 Surabaya yang telah dikembangkan sangat layak digunakan sebagai bahan ajar.

Kata Kunci: Pengembangan modul akuntansi, Berorientasi kontekstual, Jurnal umum perusahaan jasa

How to Cite
Novita, R., & Rochmawati, R. (1). PENGEMBANGAN MODUL AKUNTANSI BERORIENTASI KONTEKSTUAL PADA MATERI MENCATAT TRANSAKSI KE JURNAL UMUM PERUSAHAAN JASA. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 2(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/32729
Section
Article
Abstract Views: 1454
PDF Downloads: 1154