PENGARUH MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) MELALUI LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PADA MATA PELAJARAN PKn TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 2 LAMONGAN

  • Nur Ita PPKn
  • Listyaningsih Listyaningsih

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model PBI melalui LKS terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa serta mengetahui respon siswa terhadap model PBI melalui LKS dalam upaya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen dan desain penelitian True Experimental Design dengan bentuk Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian diterapkan di SMA Negeri 2 Lamongan, kelas XI IPA 7 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dokumentasi dan angket. Analisis data dengan uji beda t test sample related dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dengan diterapkan model PBI melalui LKS terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPA 7 SMA Negeri 2 Lamongan. Adanya pengaruh yang signifikan dibuktikan dengan terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang dicapai melalui tes dengan bentuk soal uraian terbuka antara kelas eksperimen yang menggunakan model PBI melalui LKS dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan model PBI melalui LKS pada taraf kepercayaan 5% yang menunjukkan thitung > ttabel (3,02>1,697). Di samping itu, aktivitas siswa selama proses pembelajaran pada kelas eksperimen lebih aktif dibanding kelas kontrol. Hal ini dibuktikan dengan pengamatan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran kelas eksperimen persentase terbanyak pada kriteria sangat baik (52,08%) sedangkan aktivitas kelas kontrol persentase terbanyak pada kriteria kurang baik (45,49%). Produk yang dihasilkan kelas eksperimen juga menunjukkan pada kriteria sangat baik dan baik dengan persentase sebesar 51,85% dan 35,18%. Respon siswa kelas XI IPA 7 terhadap pembelajaran dengan model PBI melalui LKS dalam upaya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa adalah positif dengan hasil persentase terbanyak pada jawaban setuju (61,48%) dan sangat setuju (25,37%).
Kata Kunci : PBI, LKS, Berpikir Kritis
Abstract
The goal of the research was to analyze the influence of PBI model through SW to increase critical thinking skills of students as well as knowing the student response to PBI model through SW, in terms of enhancement of the students’ critical thinking ability. This research used quantitative approach with the True Experimental Design with the Pretest-Posttest Control Group Design. The research applied on SMA Negeri 2 Lamongan, XI IPA 7 class be the experimental group and XI IPA 4 be the control group. The data collection technique that used are test, observation, documentation and questionaire. The data analysis are t test sample related and percentage. The results of research shows that there is significant influence by applying PBI model through SW, to increased students’ critical thinking ability at XI IPA 7 SMA Negeri 2 Lamongan. Any significant influence evidenced by students learning there are differences results achieved through a test between the experimental class that used PBI model through SW with control class that doesn’t used PBI model through SW on the level 5% that showed thitung > ttabel (3,02>1,697). In addition, student activity during the learning process on experiment class more active than control class. It is proven by observation activity students in the learning process experimental class has the largest percentage (52,08%) while the control class has low percentage (45,49%). The product that produced by the experimental class are also very good with the percentage of 51,85% and 35,18%. The students’ XI IPA 7 response against learning with a PBI model through SW, in terms of increasing the capacity to think critically students are positive with the results of the highest percentage on the answer to agree (61,48%) and strongly agree (25,37%).
Keywords: PBI, SW, Critical Thinking

Author Biography

Nur Ita, PPKn
S1 PMP-KN
Published
2014-05-14
How to Cite
Ita, N., & Listyaningsih, L. (2014). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) MELALUI LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PADA MATA PELAJARAN PKn TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 2 LAMONGAN. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 2(2), 358-371. https://doi.org/10.26740/kmkn.v2n2.p358-371
Abstract Views: 28
PDF Downloads: 24