HUBUNGAN ANTARA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK TERHADAP TATA TERTIB DENGAN KEDISIPLINANNYA DI SMPN 1 LEMBEYAN MAGETAN

Penulis

  • Astia Herlitania Rosanti Universitas Negeri Surabaya
  • Agus Satmoko Adi Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/kmkn.v12n2.p288-297

Kata Kunci:

Pemahaman, Tata Tertib, Kedisiplinan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada atau tidaknya hubungan antara pemahaman peserta didik kelas VIII terhadap Kedisiplinannya di SMPN 1 Lembeyan Magetan. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan keseluruhan sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 responden yaitu siswa kelas VIII di SMPN 1 Lembeyan  tahun ajaran 2023/2024, Penentuan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas dan uji parsial atau uji-t dengan statistik satu sampel T-Test. Menurut angket Pemahaman peserta didik terhadap tata tertib berada pada kategori tinggi dengan responden terbanyak berada pada nilai persentase 56-41 sebanyak 49 responden dengan presentase 82%. Disisi lain, Kedisiplinan siswa kelas VIII berada pada kategori tinggi dengan responden terbanyak berada pada nilai persentase 84-63 sebanyak 53 responden dengan presentase 88%. Kriteria uji t menampilkan  bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa thitung > ttabel, dengan hasil thitung = 0,001 dan ttabel = 0,05. Ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara pemahaman peserta didik kelas VIII tentang kedisiplinan di SMPN 1 Lembeyan Magetan dan tingkat kedisiplinan mereka.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Seli, Agustin, “Pemahaman Masyarakat Kota Bengkulu Terhadap Fungsi Dan Tugas Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Dalam Pengawasan Dan Perlindungan Konsumen.” 2019.

Sholikhah, Amirotun, “Statistik Deskriptif dalam Penelitian Kualitatif”, Jurnal Komunika 10, no. 2 (2016): h. 342.

Anwar, Chairul. 2017. Buku Terlengkap Teori-Teori Pendidikan Klasik Hingga Kontemporer. Yogyakarta : IRCiSoD

Barunera, olda, Resitasi. Jurnal pendikan dan kependidikan. Vol. 2, No. 4 Juli-Agustus 2017. 50-52.

Direktorat guru Pendidikan dasar, Pendidikan Karakter : Peranan Dalam Menciptakan Peserta Didik yang Berkualitas.. https://gurudikdas.kemdikbud.go.id/news/pendidikan- karakter-:-peranan-dalam-menciptakan-peserta-didik-yang-berkualitas (19 Mei 2023).

Djadja, Taksonomi Domain Afektif David Krathwohl. Jakarta. https://dosenindonesia.wordpress.com/2021/03/01/taksonomi-domain-afektif-david- krathwohl/ diakses 07 Februari 2024.

Ehiene,. Disciple And Academi Perfomance (A Study Of Selected Secondary School In Logos, Nigeria). International Jounal Of Academi Research In Proggressive Education Anad Devalopment, Vol. 3 No. 1. 2014.h.181.

Durkheim, Emile, Pendidikan Moral Studi Teoridan Implikasi Sosiologi Pendidikan.

Fawaid, Mansyur. (Implementasi Tata Terib Sekolah dalam meningkatkan karakter kedisiplinan siswa). Jurnal Civic Hukum. Vol. 2, No. 1, Mei 2017. 9-19. h. 147.

Kartika, Hentty, (2023, 13 September) Bolos Sekolah, Puluhan Siswa SMP dan SMA di Madiun Terjaring Razia Satpol PP. Diakses 25 April 2024, dari https://www.tvonenews.com/daerah/jatim/152363-bolos-sekolah-puluhan-siswa-smp-dan-sma-di-madiun-terjaring-razia-satpol-pp?page=all.

Gunawan, Heri, Pendidikan Karakter (Bandung: Alfabeta, 2014).h.269-271.

http://digilib.unnes.ac.id. ( 15 Mei 2023).

Kasmawati, Implementasi tata tertib dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di Madrasah Pondok Pesantren Nurul Islam Kampung Baru Kecamatan Gunung Toar Kabupaten Kuantan Singingi, skripsi (Riau: pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan,2012).

KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Kamus versi online/daring (Dalam Jaringan). Diakses pada 25 April 2024. https://kbbi.web.id/disiplin .

Kurniawan, Adittya, Wisnu. 2028. Budaya Tertib Siswa di Sekolah (Penguatan Pendidikan Karakter Siswa). Jawa Barat : CV Jejak.

Kurniawan dan Wisnu Aditya. 2018. Budaya Tertib di Sekolah (Penguatan Pendidikan Karakter Siswa). Jakarta : CV Jejak (Jejak Publisher).

Mustari, Mohammad, Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan . (Jakarta: Persada, 2014). h. 41.

Muliana, P. L., dan Widana, W. 2020. Uji Persyaratan analisis. Jawa Timur. Klik Media.

Sudjana, Nana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2010), hlm. 24

Nana Syaodih S, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2009), hal. 58

Oktovina, Mabuka. (Tata tertib sekolah berperan sebagai pengedali perilaku siswa di SD Inpres Raja Kecamatan Morotai Selatan Barat) Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan Vol. 7, No.2, April 2021, 363-364.

Prasetia, Indra. 2022. Metodologi Penelitian Pendekatan Teori Praktik. Medan: Umsupress

Rina Wati Handayani, Penanaman Disiplin Dalam Mentaati Peraturan Dan Tata Tertib.

Sevilla. Sikap Disiplin : Pengertian, Macam, Contoh, Manfaat. Jakarta. https://www.gramedia.com/best-seller/sika-disiplin/ diakses 10 Februari 2024

Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2014), hal.14

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Bandung: PT. Alfabeta, 2016).

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta Sugiyono. 2014. Statistik dan Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Suryabrata, Sumadi. 2011. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rajawali Press.

Syofian Siregar, Metode Penelitian Kuantitatif (Cet. I; Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri, 2017), h. 46.

Taha, Alimun Rohmat dan Sujana Nyoman. (Pengaruh Penerapan Tata Tertib Sekolah terhadap Disiplin Belajar Siswa). Jurnal Pendidikan Ekonomi. Vol. 9, No. 2 2021. 248-249.

Tirtarahardja, Umar dan La Sulo. 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

Tulus Tu’u, Peran Disiplin pada perilaku dan prestasi siswa (Jakarta : Grasindo, 2004) hal 38-44

Wahid Mu’amar. Taksonomi tujuan pembelajaran afektif. Purwokerto. https://dosenindonesia.wordpress.com/2021/03/01/taksonomi-domain-afektif-david- krathwohl/ diakses 07 Februari 2024.

Wahyu Turi Krisanti, (2021, 09 Desember) Kronologi Terungkapnya Kasus Video Mesum Pelajar di Salatiga. Diakses 25 April 2024, dari https://news.detik.com/berita-jawa-tengah/d-5848159/kronologi-terungkapnya-kasus-video-mesum-pelajar-di-salatiga.

Wina Sanjaya, Penelitian Pendidikan, Jenis, Metode, dan Prosedur. Jakarta: Kencana.

Diterbitkan

2024-11-13

Cara Mengutip

Rosanti, A. H., & Agus Satmoko Adi. (2024). HUBUNGAN ANTARA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK TERHADAP TATA TERTIB DENGAN KEDISIPLINANNYA DI SMPN 1 LEMBEYAN MAGETAN. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 12(2), 288–297. https://doi.org/10.26740/kmkn.v12n2.p288-297
Abstract views: 75 , PDF Downloads: 209