HUBUNGAN INTENSITAS MENONTON TIKTOK NARASI DENGAN TINGKAT PENGETAHUAN POLITIK GENERASI Z

Penulis

  • Ana Nurlaili Dwi Aprilia Universitas Negeri Surabaya
  • Maya Mustika Kartika Sari Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/kmkn.v12n4.p476%20-%20485

Kata Kunci:

Intensitas, Tiktok, Pengetahuan politik, Generasi Z

Abstrak

Generasi Z yang tumbuh dengan teknologi tidak bisa lepas dari media sosial, termasuk TikTok yang menjadi platform penting untuk penyebaran informasi politik. Akun TikTok Narasi, yang didirikan oleh Najwa Shihab, menarik perhatian mereka dengan konten politik, hukum, sosial, dan kisah inspiratif. Menurut teori uses and effect, intensitas konsumsi media dapat mempengaruhi pengetahuan, sikap, dan persepsi realitas sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional untuk melihat hubungan antara intensitas menonton TikTok Narasi dengan tingkat pengetahuan politik Generasi Z. Data dikumpulkan melalui kuesioner online dari 108 responden yang merupakan followers TikTok Narasi. Analisis data menggunakan uji korelasi Spearman's Rho menunjukkan nilai signifikansi 0,00, menandakan adanya hubungan signifikan antara intensitas menonton TikTok Narasi dengan pengetahuan politik mengenai pemilu 2024. Koefisien korelasi sebesar 0,654 menunjukkan hubungan yang kuat, positif, dan searah antara kedua variabel tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan intensitas menonton tiktok narasi dengan tingkat pengetahuan politik generasi Z. Semakin tinggi intensitas  dalam menonton TikTok Narasi, maka akan semakin tinggi pula tingkat pengetahuan politik generasi Z tentang informasi capres-cawapres pemilu 2024.

Kata Kunci: Intensitas, Tiktok, Pengetahuan Politik, Generasi Z.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdul, Mutib. 2019. “Hubungan Intensitas Penggunaan Media Sosial Dengan Fear Of Missing Out (FoMo) Pada Mahasiswa.” Skripsi, 7–37. http://repositori.usu.ac.id/.

Aprilianto, Achmad Avian, and Universitas Negeri Surabaya. 2023. “Korelasi Intensitas Menonton Tiktok Presiden Gen Z Terhadap Tingkat Pengetahuan Kebangsaan Remaja.” Civilia : Jurnal Kajian Hukum Dan Pendidikan Kewarganegaraan 2 (0): 14.

Aziz, Abdhul, and Bambang Eka Cahya Widodo. 2022. “Pengaruh Media Sosial Sebagai Sumber Pengetahuan Politik Generasi Z Terhadap Literasi Politik Pada Pemilu 2020.” Proceedings The 3rd UMY Grace 2022 2 (1): 73–86.

Borg, Maria, and Andrew Azzopardi. 2022. “Political Interest, Recognition and Acceptance of Voting Responsibility, and Electoral Participation: Young People’s Perspective.” Journal of Youth Studies 25 (4): 487–511. https://doi.org/10.1080/13676261.2021.1902963.

Fitria, Intan. 2019. “Hubungan Antara Intensitas Penggunaan Gadget Dengan Prestasi Belajar Siswa MAN 1 Bengkalis.” Journal of Wind Engineering and Industrial Aerodynamics 26 (1): 1–4. https://doi.org/10.1007/s11273-020-09706-3%0A

Floraya, NIfala Rizki. 2023. “Studi Uses and Gratification Followers Narasi TV Terhadap Konten Pemberitaan Pada Media Sosial Tiktok.” Skripsi, 31–41.

Halomoan, Timothy Jordan, dkk 2023. “Pengaruh Kualitas Informasi, Kegiatan Pemasaran Dan Reputasi Media Sosial Terhadap Kepercayaan Dan Keterlibatan Politik Generasi Z.” JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi). 10 (1): 441–61. https://doi.org/10.35794/jmbi.v10i1.48084.

Hindarto, Isni Hindriaty. 2022. “Tiktok and Political Communication of Youth: A Systematic Review.” JRP (Jurnal Review Politik) 12 (2): 146–76. https://doi.org/10.15642/jrp.2022.12.2.146-176.

Literat, Ioana, and Neta Kligler-Vilenchik. 2019. “Youth Collective Political Expression on Social Media: The Role of Affordances and Memetic Dimensions for Voicing Political Views.” New Media and Society 21 (9): 1988–2009. https://doi.org/10.1177/1461444819837571.

Mahmud, Ramli, Sastro M Wantu, Udin Hamim, and Padli Polone. 2022. “Sosialisasi Penguatan Preferensi Politik Siswa Sma Negeri 1 Pinogaluman Menjelang Pemilu Serentak 2024.” J-Dinamika Jurnal Pengabdian Masyarakat 7 (3): 526–32.

Misder, Misder, and Julianto Julianto. 2023. “Dampak TiKTok Dalam Mempengaruhi Generasi Muda.” Jurnal Teknologi Informasi 9 (1): 79–87. https://doi.org/10.52643/jti.v9i1.2993.

Nurrohmah, Ria Afriani, and Maya Mustika Kartika Sari. 2023. “Keefektifan Pemanfaatan Media Massa Oleh Pemilih Pemula Dalam Memperoleh Informasi Pilkada Tahun 2020 Di Kabupaten Gresik.” Journal of Civics and Moral Studies 7 (1): 61–75. https://doi.org/10.26740/jcms.v7n1.p61-75.

Ramdhini, Via Carviola, and Ahmad Fatoni. 2020. “Pengaruh Intensitas Menonton Video Youtube Dan Kredibilitas Beauty Vloggeer Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Channel Youtube Suhay Salim Video ‘Wardah InstaPerfect Review Tutorial Swatches’).” Scriptura 10 (2): 53–59. https://doi.org/10.9744/scriptura.10.2.53-59.

Rika Ningsih, and Fatmawati Fatmawati. 2024. “Realitas Kesantunan Berbahasa Gen-Z Di Era Digital.” Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra 10 (1): 215–24. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3167.

Zamora‐medina, Rocío, Andrius Suminas, and Shahira S. Fahmy. 2023. “Securing the Youth Vote: A Comparative Analysis of Digital Persuasion on TikTok Among Political Actors.” Media and Communication 11 (2): 218–31. https://doi.org/10.17645/mac.v11i2.6348.

Zulkifli, Ahmad. 2021. “Pengaruh Sosial Media Tiktok Terhadap Nasib Kebudayaan Nasional.” Ad-Dariyah: Jurnal Dialektika, Sosial Dan Budaya 2 (2): 34–47. https://doi.org/10.55623/ad.v2i2.81.

Rizaty, Monavia Ayu. 2023. “Data Jumlah Pengguna Tiktok di Indonesia hingga Oktober 2023.” https://dataindonesia.id/ekonomi-digital/detail/data-jumlah-pengguna-tiktok-di-indonesia-hingga-oktober-2023 (diakses pada 10 Januari 2024 pukul 11.08 PM)

Santika, Erlina F. 2023. “Kelompok Anak Muda Jadi Pengguna Terbesar Tiktok, Usia Berapakah Mereka?”. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/09/27/kelompok-anak-muda-jadi-pengguna-terbesar-tiktok-usia-berapa-mereka (diakses pada 10 Januari 2024 Pukul 10.00 PM)

Diterbitkan

2025-05-24

Cara Mengutip

Ana Nurlaili Dwi Aprilia, & Sari, M. M. K. (2025). HUBUNGAN INTENSITAS MENONTON TIKTOK NARASI DENGAN TINGKAT PENGETAHUAN POLITIK GENERASI Z. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 12(4), 476–485. https://doi.org/10.26740/kmkn.v12n4.p476 - 485
Abstract views: 237 , PDF Downloads: 277