Pengelolaan Pemasaran Kelompok Bermain sebagai Upaya Menarik Minat Orang Tua Peserta Didik di KB-RA Baitul Muttaqien

  • Viona Sefi Alfidea Universitas Negeri Surabaya
  • Rivo Nugroho

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengelolaan pemasaran dan minat orang tua peserta didik terhadap KB-RA Baitul Muttaqien. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi partisipatif dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah pengelolaan pemasaran realitas memiliki empat komponen dengan komponen people yang mengacu pada sumber daya manusia lembaga yang merupakan salah satu dari dua komponen menarik minat orang tua peserta didik. Programs berkaitan dengan produk yang diberikan berupa layanan jasa pendidikan sebagai komponen yang menarik minat orang tua peserta didik. Minat orang tua peserta didik didominasi oleh minat referensial dan minat preferensial. Minat referensial ditunjukkan melalui adanya kecenderungan mereferensikan KB-RA Baitul Muttaqien kepada orang sekitar. Adapun minat preferensial yaitu kecenderungan orang tua peserta didik dalam memilih suatu lembaga pendidikan dengan mengacu pada kriteria setiap orang tua.

Diterbitkan
2024-01-08
Abstract Views: 0
PDF Downloads: 0