PEMBELAJARAN TARI TOPENG KALIWUNGU DENGAN METODE MOVING CLASS OLEH YAYASAN SANGGAR BUDAYA PAKDHE
Abstract
Di Yayasan Sanggar Budaya Pakdhe Kabupaten Lumajang terdapat kegiatan pembelajaran tari yang mengangkat kembali Tari Topeng Kaliwungu. Hal menarik dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran Tari Topeng Kaliwungu, yaitu pembelajaran dilakukan secara berpindah atau ‘moving class’ dari satu desa ke desa, dan dari satu sanggar ke sanggar yang lain. Pembelajaran Tari Topeng Kaliwungu dilakukan sebagai upaya mengenalkan dan melestarikan tari tradisi kepada generasi muda. Penelitian ini bertujuan mengkaji proses pelaksanaan pembelajaran dan menganalisis hasil keberterimaan Tari Topeng Kaliwungu dengan metode moving class yang dilaksanakan di Sanggar Songo-Songo 99 dan Sanggar Laras Saraswati oleh Yayasan Sanggar Budaya Pakdhe.Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Sumber data penelitian menggunakan data primer, dan sekunder. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data, verifikasi data, keabsahan data penelitian menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran Tari Topeng Kaliwungu dengan moving class, mendapat respon positif dan keberterimaan dari masyarakat sanggar di Lumajang. Simpulan penelitian menginformasikan, bahwa keberterimaan pembelajaran Tari Topeng Kaliwungu bagi masyarakat sanggar menunjukkan kondisi yang berbeda. Keberbedaan keberterimaan menyesuaikan kondisi masing-masing sanggar.
Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Sendratasik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
PDF Downloads: 267