Pembelajaran Seni Musik Menggunakan Barang Bekas Sebagai Alat Musik Ritmis di SMPN 1 Gresik
DOI:
https://doi.org/10.26740/jps.v13n1.p150%20-162Keywords:
alat pembelajaran, barang bekas, alat musik ritmis, pembelajaran seni musikAbstract
Barang bekas yang seringkali dibuang begitu saja ternyata dapat menjadi alternatif sebagai alat musik ritmis sebagai media menyampaikan materi ansamble musik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pembelajaran Seni Musik menggunakan barang bekas sebagai alat musik ritmis di SMPN 1 Gresik. Objek penelitian ialah pembelajaran Seni Musik kelas VII A di SMPN 1 Gresik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Validasi data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan menerapkan 3R (Reuse, Reduce, Recycle) dilakukan untuk menjadikan barang bekas sebagai alat musik ritmis. Barang bekas akan dimainkan dengan saron sebagai alat musik melodis serta vokal yang menyanyikan lagu daerah berjudul Jaranan. Hasil penilaian pembelajaran Seni Musik kelas VII menggunakan barang bekas menunjukkan bahwa penampilan siswa mendapatkan nilai terendah 77 dan nilai tertinggi 95. Dengan ini dibuktikan bahwa nilai penampilan siswa memainkan barang bekas sebagai alat musik ritmis tidak ada yang di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).
Downloads
References
Sudiarti, Reska and Elfia Sukma (2021). Analisis Langkah-Langkah Model
Discovery Learning Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah
Dasar Menurut Pandangan Para Ahli. Journal of Basic Education Studies.
Aceh : SamudraUniversity.
Putri, Ihdi Shabrona (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning
Terhadap Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika.
Medan: Universitas Medan.
Kurniawan, Syukir Ade (2018). Pelaksanaan Pembelajaran Seni Budaya
(Ansamble Musik Sederhana) di SMP Negeri 1 Painan. Jurnal Sendratasik.
Padang: FBS Universitas Padang.
Arsyad, Azhar. (2009) Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada
Noor, Fahrian (2020). Gebrakan Merdeka Belajar Mewujudkan Kreativitas Seni
Musik Siswa SMP di Banjarmasin. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
(Diakses 6 Agustus 2022)
Djamaludin, Ahdar (2019) Belajar dan Pembelajaran. Sulawesi Selatan:
CV Kaaffah Learning Center.
http://repository.iainpare.ac.id/1639/1/Belajar%20Dan%20Pembelajaran.pdf
(Diakses 31 Januari 2023)
Saputro Teguh. (2013). Pembelajaran Seni Musik Melalui Media Botol Bekas di
SMK Texmaco Kabupaten Pemalang. Semarang:Universitas Negeri
Semarang.
http://lib.unnes.ac.id/19597/1/2503408017.pdf
(Diakses 20 Juli 2022)
Tafano, Talizaro. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan
Minat Belajar Mahasiswa. Yogyakarta: STT Kadesi Yogyakarta.
https://journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik/article/view/113/101
(Diakses 25 Juli 2022)
Suryani, Lilis. (2022). Kreativitas Siswa Dalam Memanfaatkan Barang Bekas
Sebagai Media Pembelajaran Seni Budaya Dan Keterampilan (SBK)
Kelas V SDN Kutukulon. Ponorogo: Institut Agama Islam Negeri
Ponorogo.
http://etheses.iainponorogo.ac.id/19932/1/203180067_LILIS%20SURY
NI_%20PGMI.pdf
(Diakses 6 Agustus 2022)
Nafiati, Dewi Amaliah (2021). Revisi Taksonomi Bloom: Kognitif, Afektif, dan
Psikomotorik. Tegal: Universitas Pancasakti Tegal.
Midas, Ferdian (2021). Evaluasi Inovasi Pembelajaran Seni Musik. Jurnal
Manajer Pendidikan. Bengkulu: Universitas Bengkulu.
Kristiawan, Yohanes (2017). Pengembangan Kreativitas Musik Dalam
Pembelajaran Seni Budaya (Musik) Di SMA Negeri 1 Pati. Semarang:
Universitas Negeri Semarang.
https://doi.org/10.15294/jsm.v5i1.11036
(Diakses 10 Agustus 2022)
Ture, Fidelis (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbahan Dasar
Barang Bekas Untuk Keterampilan Ansamble Drum Band Siswa Kelas
VIII SMP Citra Bakti. Jurnal Citra Pendidikan. NTT: STKIP Citra Bakti.
https://jurnalilmiahcitrabakti.ac.id/jil/index.php/jcp/article/view/466/301
(Diakses 10 Desember 2022)
Sugiyono (2016). Metode Penelitian Pendidikan. CV Alfabeta : Bandung.
Fadli, Muhammad Rijal (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif.
Jurnal Humanika. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.
https://journal.uny.ac.id/index.php/humanika/article/view/38075/pdf_1
(Diakses 5 Januari 2023)
Panjaitan, Lastiur Citra Dewi (2012). Meningkatkan Kreativitas Siswa Melalui
Pemanfaatan Barang Bekas Untuk Alat Perkusi Berkolaborasi Dengan
Pianika Dalam Pembelajaran Seni Musik Di SMP Negeri 2 Bangunpurba
Tahun Ajaran 2012/2013. Digital Repository. Medan : Universitas
Negeri Medan,
http://digilib.unimed.ac.id/14966/
(Diakses 15 Desember 2022)
.
Published
How to Cite
Issue
Section
