PEMBELAJARAN SENI BUDAYA (SENI MUSIK) MELALUI DARING DI SMP NEGERI 2 SIDOARJO

Penulis

  • Selvi Ertina Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jps.v11n2.p318-330

Kata Kunci:

pembelajaran, daring, seni musik

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menganalisis proses pembelajaran seni dan budaya (seni musik) melalui daring dan mengkaji kendala dalam pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni musik) melalui daring di SMP Negeri 2 Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan sumber informasi dari dokumen, guru, dan siswa. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik dalam menguji keabsahan data. Pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni musik) melalui daring di kelas VIII G menggunakan berbagai aplikasi seperti whatssapp, google meet, google form, dan google classroom. Pembelajaran daring dinilai cukup efektif karena peserta didik mampu merespon tugas yang diberikan serta mampu mengikuti kegiatan belajar daring. Kelemahan pembelajaran daring, pendidik lebih banyak memberikan tugas kepada peserta didik. Pendidik kurang maksimal dalam memberikan dan menjelaskan materi. Jadi peserta didik hanya menyelesaikan tugas tanpa memahami materi. Kendala lain terdapat pada jaringan internet dan penggunaan smartphone dapat memicu masalah akademik, sosial, emosional dalam perilaku peserta didik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2022-06-08

Cara Mengutip

Ertina, S. (2022). PEMBELAJARAN SENI BUDAYA (SENI MUSIK) MELALUI DARING DI SMP NEGERI 2 SIDOARJO. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 11(2), 318–330. https://doi.org/10.26740/jps.v11n2.p318-330

Terbitan

Bagian

Articles
Abstract views: 338 , PDF Downloads: 292

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.