PENGUASAAN KETERAMPILAN PEMBUATAN KEMBAR MAYANG DAN MAYANG SARI BUNGA PADA IBU-IBU PKK MELALUI PELATIHAN DI KECAMATAN SARADAN KABUPATEN MADIUN

Main Article Content

SELMA AGUSTIN ADININGTYAS
ARITA PUSPITORINI

Abstract

Abstrak

Tujuan pelatihan keterampilan yang di berikan pada ibu PKK dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1 Keterlaksanaan Pelatihan, 2 Aktivitas Peserta Pelatihan, 3 Hasil Penguasaan Keterampilan, 4 Respon Peserta Pelatihan.

Penelitian ini adalah penelitian pre eksperimental design dengan rancangan penelitian one shoot case study. Subjek penelitian yaitu 25 Ibu-ibu PKK di Desa Pajaran Kecamatan Saradan Kabupaten Madiun. Metode yang digunakan yaitu observasi, tes kinerja dan angket. Analisis data menggunakan rata-rata untuk keterlaksanaan pelatihan, aktivitas peserta dan hasil pelatihan dan respon peserta menggunakan presentase.

Hasil analisis data untuk keterlaksanaan pelatihan keterampilan pembuatan kembar mayang dan mayang sari bunga, Aktivitas peserta pelatihan dan hasil penguasaan keterampilan mendapatkan nilai rata-rata 3,8 – 4,0 dengan kriteria sangat baik. Sedangkan untuk respon peserta terhadap pelatihan keterampilan pembuatan kembar mayang dan mayang sari bunga menunjukkan presentase sebesar 80% dengan kriteria sangat baik.

Kesimpulan penelitian tentang penguasaan keterampilan pembuatan kembar mayang dan mayang sari bunga pada ibu pkk melalui pelatihan di kecamatan saradan kabupaten madiun ini bisa berjalan dengan baik dan lancar, dan ibu-ibu pkk bisa menguasai keterampilan membuat kembar mayang dan mayang sari dengan baik.

Kata Kunci : Pelatihan, Keterampilan, Pembuatan Kembar Mayang dan Mayang Sari Bunga

Abstract

Purposes of this research are knowing: 1. The training implementation 2. Activities of training participant 3. Result of mastery skill 4. Responses of training participants.

This is a pre experimental design research using one shoot case study research plan. subject is 25 PKK women in Pajaran village Saradan sub-district, Madiun regency. This research using some methods such as observation, working test, and questionnaire. Data analysis using the average for training implementation, participants activities, training result, and participants’ responses using percentage.

Result of data analysis in implementation of making kembar mayang and mayang sari flower training, participant’s activity and the result of implementation got average score 3,8 - 4,0 with very good criteria and percentage of participants’ responses in making kembar mayang and mayang sari flower training shows 80% with very good criteria.

The conclusion of mastery skill of making kembar mayang and mayang sari flower to pkk women trough training in saradan sub-district madiun regency can work really well and they can mastery of making kembar mayang and mayang sari flower well

Article Details

Section
Articles