VIDEO TUTORIAL SANGGUL GELUNG MALANG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE DI SMK

Main Article Content

Vonny Yuliana
Suhartiningsih Suhartiningsih
Sri Usodoningtyas
Dindy Sinta Megasari

Abstract

Abstrak


Di era Covid-19 mengakibatkan proses belajar mengajar di sekolah dilaksanakan secara online dan telah diatur dalam surat edaran nomor 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran corona virus disease (covid-19), pembelajaran di sekolah saat pandemi dilakukan dengan cara daring dan luring dengan membatasi siswa dalam kelas sebanyak 50%. Maka media pembelajaran yang sesuai di era covid-19 yang sebagian besar dilakukan secara online adalah menggunakan video, karena video dapat memudahkan siswa dalam memahami materi melalui gambar, suara, dan langkah kerja yang dapat membantu siswa belajar secara mandiri dalam memahami materi dan praktek sanggul gelung malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas video tutorial sanggul gelung malang sebagai media pembelajaran online di SMK. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimen dengan desain one shot case study. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi menggunakan lembar validasi melalui google form yang dinilai oleh 8 orang responden. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif, menggunakan perhitungan rata-rata presentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa aspek materi memperoleh nilai rata-rata presentase sebesar 98,5% yang berarti bahwa video sangat baik digunakan, sedangkan aspek madia memperoleh nilai rata-rata presentase sebesar 85% yang berarti bahwa video sangat baik digunakan. Presentase aspek materi dan aspek media video tutorial sanggul gelung malang memperoleh rata-rat presentase 90,9% yang berarti sangat baik digunakan sebagai media pembelajaran secara online pada jurusan tata kecantikan rambut.


Kata kunci: video tutorial, gelung malang, online.

Article Details

Section
Articles